Beranda Gaya Hidup Khansa Syahla, Pendaki Cilik Indonesia yang Taklukan Puncak Kilimanjaro

Khansa Syahla, Pendaki Cilik Indonesia yang Taklukan Puncak Kilimanjaro

BERBAGI

Jakarta, Ahad.co.id- Namanya Khansa Syahlaa, pendaki perempuan cilik berusia 13 tahun asal Cibubur ini kembali meneruskan petualangannya pada bulan Juni 2019. Bersama sang ayah, ia berhasil menjejakan kaki di puncak Gunung Kilimanjaro 5.895 m di Tanzania. Gunung tertinggi di benua Afrika bagian dari 7 summit dunia.

Siswi kelas 7 An Nahl Islamic school Cibubur ini mengambil rute Machame yg memakan waktu 7 hari perjalanan. Khansa melintasi medan dengan hutan hujan yg lebat, jalan berbatu dan berpasir serta salju abadi di puncak.

Hujan yang mengguyur setiap hari dan udara yg dingin sempat menyebabkan Khansa mengalami mual dan muntah pada pendakian hari ke-2 di Sierra Camp 2.750 m saat
aklimatisasi atau penyesuaian tubuh di atas ketinggian.

Baca juga :   Warga Tak Bisa Coblos Pilpres dan Pileg Tanpa e-KTP

“Saya sempat berpikir untuk menunda bahkan menghentikan pendakian, namun melihat tekad dan semangat Khansa yang kuat akhirnya ia memutuskan untuk  melanjutkan perjalanan,” kata Ayah Khansa, Aulia Ibnu.

Kilimanjaro tidak memerlukan tehnik pendakian yang khusus, akan tetapi perjalanan menanjak dilakukan memutar guna aklimatisasi karena tingginya gunung tersebut. Hanya satu lokasi yang membutuhkan tehnik pendakian khusus yaitu di Baranco Wall yang cukup terkenal di mata para pendaki.

“Di sana Khansa harus menggunakan tehnik scrambling atau jalan merayap naik di dinding gunung yang curam dengan hati-hati sampai di ketinggian 4.600 m,” jelas Aulia.