Beranda Mimbar Alhamdulillah, Bisa Shalat di Mesjid Kauman Semarang

Alhamdulillah, Bisa Shalat di Mesjid Kauman Semarang

BERBAGI

Oleh: Tjahja Gunawan
(Pemred AHAD.CO.ID)

Setelah turun dari KA Argo Sindoro di Stasiun Tawang Semarang, saya segera bergegas berjalan kaki menuju hotel dekat stasiun karena hari semakin gelap, Kamis (14/2).

Jarum jam menunjukkan jam sepuluh malam, saya segera mempercepat langkah kaki sambil menyusuri sejumlah bangunan tua di kawasan Kota Lama Semarang. Setelah masuk hotel, Saya segera memejamkan mata.

Alhamdulillah, atas izin Allah SWT Saya bisa bangun jam 4 pagi meskipun tadi malam baru bisa memejamkan mata jam 12 malam. Setelah berbenah, saya segera bergegas menuju Mesjid Agung Semarang atau biasa juga disebut Mesjid Kauman Semarang.

Begitu keluar hotel, nampak jalanan basah bekas guyuran air hujan sehingga Jumat Subuh di Kota Semarang terasa adem. Suasana ini menambah asa saya untuk segera tiba di Mesjid Kauman.

Baca juga :   Calon Panglima TNI Pilihan Jokowi Lemah

Jarak hotel menuju mesjid relatif dekat, cukup 10 menit saja berjalan kaki menuju Mesjid Kauman. Lokasi mesjid ini dekat dengan jalan utama Jl Pemuda Semarang.

Setelah sholat sunat tahiyyatul mesjid, tidak lama kemudian terdengar suara bedug bertalu-talu yang kemudian disusul dengan suara adzan subuh yang merdu. Ya Allah ya Rabb, terima kasih atas nikmat Iman, Islam, dan nikmat sehat yang telah Engkau berikan kepada hambaMU ini.

Bangunan tua Mesjid Kauman ditopang oleh sejumlah tiang yang besar-besar. Sementara di samping mihrab imam, terdapat mimbar ukuran besar terbuat dari ukiran kayu tempat khotib berkhutbah setiap Hari Jumat atau Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.