Beranda Berita Koordinasi Penanganan Bencana, WMI Care Temui Gubernur Sulteng

Koordinasi Penanganan Bencana, WMI Care Temui Gubernur Sulteng

BERBAGI
Pengurus Wahana Muda Indonesia dan Gubernur Sulteng. Foto: Istimewa

Palu, Ahad.co.id- Wahana Muda Indonesia (WMI) Care bertemu dengan Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola pada Senin Malam (15/10/2018) di Rumah Jabatan Gubernur yang dijadikan Posko Tanggap bencana Pemda.

Pertemuan itu dihadiri pula oleh jaringan kerja “Bersatu untuk Palu dan Donggala”, yang melibatkan Notaris Muslim Indonesia (NMI), Komunitas Muslimah untuk Kajian Islam (KMKI), dan Thoriquna.

Dalam pertemuan itu, koordinator lapangan WMI, Budhi Setiawan melaporkan progres kerja WMI dan jaringannya selama di Sulteng. Ia mengaku sudah bergerak sejak hari kedua pasca gempa.

“Kami hari kedua sudah ada di sini, kami punya kader 15 orang asli Palu, mereka juga sudah membantu bencana di Lombok,” katanya.

Selama di Sulteng, utamanya, WMI dan jaringan memprioritaskan rescue, evakuasi, dan logistik, serta koordinasi dengan BNPB.

Baca juga :   MUI: Masalah Homoseksual Tak Bisa Lagi Dianggap Persoalan Sederhana

Budhi menegaskan bahwa penanganan bencana tidak bisa dikerjakan sendiri, harus melibatkan banyak pihak. Untuk itu, WMI selaku berupaya membangun jaringan sinergi antar NGO, masyarakat, dan pemerintah.

“Kami percaya penanganan bencana tidak bisa dilakukan sendiri, tidak bisa oleh pemerintah daerah saja. Harus bersinergi pemerintah, warga dan swasta,”ujarnya.

Menurut Budhi, WMI dan jaringan kerjanya akan menempatkan posko untuk memantau kebutuhan dan keperluan warga. Posko di sana juga akan mempelajari banyak hal untuk kebutuhan socio enginering/rekayasa sosial. Sebab, salah satu visi WMI adalah mengelola masyarakat yang tertimpa bencana untuk mandiri.