Beranda Berita Polisi Pasang Tenda, Panitia Tetap Laksanakan Aksi Deklarasi Kebangsaan

Polisi Pasang Tenda, Panitia Tetap Laksanakan Aksi Deklarasi Kebangsaan

BERBAGI

Tangerang, Ahad.co.id- Hari Sabtu ini (22/9), jajaran kepolisian telah memasang tenda di lokasi yang akan dijadikan tempat untuk acara Aksi Deklarasi Kebangsaan di Lapangan Kampung Jati, Kecamatan Buaran, Tangerang Selatan.

Meski begitu, Panitia Aksi Deklarasi Kebangsaan akan tetap melaksanakan kegiatan sesuai rencana pada Ahad pagi (23/9).

“Meskipun lapangan tempat acara deklarasi kemungkinan akan ditutup polisi, kami akan tetap melaksanakan Aksi Deklarasi Kebangsaan,” tegas Koordinator Lapangan Aksi, Suparman di Serpong BSD, Sabtu.

Sementara itu Tim Advokat Aksi Deklarasi Kebangsaan bersama Korlap Aksi Suparman, bertemu dengan jajaran kepolisian di Polres Tangsel, Sabtu.

Tim advokat tersebut terdiri dari Abdullah Al Katiri SH, Djuju Purwantoro SH, Burhanudin SH, Hulia Syahendra SH dan Iksan Setiawan SH.

Tujuan pertemuan tersebut untuk koordinasi keamanan. “Walaupun tidak ada aturan yang dilanggar, tapi polisi meminta agar Aksi Deklarasi Kebangsaan tidak digelar untuk menjaga Kamtibmas. Kan aneh,” ujar Suparman dalam nada heran.

Menurut dia, seharusnya kalau pihak kepolisian merasa khawatir akan ada pihak-pihak tertentu yang tidak setuju dengan aksi deklarasi, seharusnya yang diamankan aparat mereka itu. “Kami melaksanakan kegiatan ini sudah sesuai dengan koridor hukum kok,” ungkap Suparman.

Baca juga :   Menlu Qatar: Daftar Teroris yang Dikeluarkan Saudi CS Tidak Berdasar

Advokat Abdullah Alkatiri menambahkan, kegiatan Aksi Deklarasi Kebangsaan telah mengikuti UU Nomor 9 Tahun 1998 tentang penyampaian pendapat di muka Umum.

Pasal 18 ayat 1 UU No 9 Tahun 1998 menyebutkan, barang siapa dengan kekerasan atau ancaman kekerasan menghalang-halangi hak warga negara untuk menyampaikan pendapat di muka umum yang telah memenuhi ketentuan UU ini, bisa dipidana penjara paling lama satu tahun.

Tjahja Gunawan