Beranda Berita KPU: Nomor Urut Pasangan Capres-Cawapres Diundi Jumat

KPU: Nomor Urut Pasangan Capres-Cawapres Diundi Jumat

BERBAGI
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman. (foto/net)

Jakarta, Ahad.co.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) berencana mengumumkan nama pasangan capres-cawapres Pilpres 2019 dan daftar calon anggota DPD, DPR dan DPD untuk Pemilu 2019, Kamis (20/9) besok.

Menurut Ketua KPU Arief Budiman, untuk pengumuman pasangan capres-cawapres, semua proses telah selesai. Hanya tinggal diumumkan.

Namun untuk pengumuman calon anggota DPD, DPR dan DPD, ada beberapa langkah lagi yang harus segera diselesaikan.

“Untuk calon anggota DPD, kami masih harus menunggu sampai dengan satu hari sebelum 20 September. Karena ada putusan Mahkamah Konstitusi yang mengatakan pengurus parpol tidak boleh nyalon DPD,” ujar Arief di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (18/9).

Menurut Arief, penyelenggara masih menunggu surat pengunduran diri dari pengurus parpol, bagi bakal caleg yang tercatat sebagai pengurus parpol.

“Kemudian untuk calob DPR, DPRD provinsi dan kabupaten/kota, masih ada tindak lanjut atas putusan MA yang mengatakan pasal tentang larangan mantan terpidana korupsi, bandar narkoba dan kejahatan seksual itu dibatalkan,” ucapnya.

Mantan Komisioner KPU Jawa Timur ini lebih lanjut mengatakan, publikasi daftar calon tetap (DCT) rencananya diumumkan Kamis petang atau Kamis malam. Demikian tulis JPNN.

Baca juga :   Serial #EJW: Cirebon, Kota Para Pewaris Wali

“Karena calon DPD, dan DPR dan DPRD nomor urutnya sudah diatur langsung, maka tidak perlu pengundian nomor urut,” katanya.

Namun, khusus untuk pasangan capres-cawapres, KPU, kata Arief kemudian, akan melakukan pengundian nomor urut pada Jumat (21/9). Karena nomor urut pasangan capres-cawapres belum ditetapkan.

“Kemudian, dua hari berikutnya, yaitu pada 23 September, kampanye akan dimulai sampai enam bulan ke depan. Dimana di dalamnya ada 21 hari masa kampanye melalui media massa cetak dan elektronik,” pungkas Arief.

Daniel Amrullah