Beranda Berita ASRI Gelar Daurah untuk Ratusan Dai di Lombok

ASRI Gelar Daurah untuk Ratusan Dai di Lombok

BERBAGI

Lombok, Ahad.co.id – Aksi Solidaritas Relawan Indonesia (ASRI) kembali mengirim tim relawan ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sejak Jumat hingga Kamis, 7-13 September 2018.

Pengiriman kali ini merupakan tindak lanjut dari aksi kemanusiaan yang telah dilakukan tahap sebelumnya pada pertengan Agustus 2018 lalu.

Selama delapan hari di Lombok, tim ASRI tidak hanya menyalurkan bantuan, tetapi juga melakukan kegiatan motivasi keagamaan untuk masyarakat korban gempa.

Ketua ASRI Fitrah Ashab mengatakan, kegiatan keagamaan yang dilakukan diantaranya mengisi kajian pada acara dauroh untuk ratusan dai dan guru Alquran di Pondok Pesantren Nurul Hakim Lombok Barat. Kajian ini salah satu materinya diisi oleh Ustaz Wilyudin Dhani dari tim ASRI yang juga sebagai praktisi Ruqyah Syar’iyah.

“Kajian ini lebih kepada materi pemantapan akidah, harapannya agar para dai mampu mengajak masyarakat korban gempa tegar dalam menghadapi ujian dan tetap dalam keimanan Islam,” ujar Fitrah.

Selain itu, kegiatan keagaman yang dilakukan ASRI adalah program terapi menulis Alquran untuk masyarakat korban gempa. Program ini dipandu oleh Ustaz Iyus Khaerunnas, Ketua GNPF Ulama Bogor Raya sekaligus Direktur Bidik Global yang juga menjadi tim ASRI.

Baca juga :   Ini Kriteria Capres-Cawapres Rekomendasi Ijtima' Ulama

Lokasi terapi menulis Alquran ini salah satunya di sekolah pengungsi korban gempa daerah Batu Rimba, Desa Batu Mekar, Kecamatan Lingsar, Lombok Barat.

Sementara itu, penyaluran bantuan dilakukan di beberapa lokasi seperti Desa Malake Dusun Nipah Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara dan wilayah Kecamatan Sambali serta Bayan Lombok Timur.

Tidak hanya menyalurkan bantuan, tim ASRI yang juga mendirikan tenda darurat sebagai pengganti sementara rumah warga yang hancur akibat gempa. Untuk program pengadaan tenda dipimpin oleh Ahmad Ramdoni, Sekjen Persis Bogor yang juga ikut menjadi tim ASRI.

Fitrah mengatakan, bantuan yang dihimpun sebagian besar berasal dari warga Bogor, Jawa Barat. “Kami mengucapkan terima kasih kepada donatur yang telah memberikan amanah kepada tim ASRI. Insyaallah kegiatan kemanusian akan berlanjut pada tahap berikutnya,” tandasnya.

Hasbi Syauqi