Beranda Headline Pemerintah Salurkan Dana Bantuan Renovasi Rumah di NTB

Pemerintah Salurkan Dana Bantuan Renovasi Rumah di NTB

BERBAGI
Presiden Jokowi bersama TGB Zainul Majdi temui warga terdampak gempa NTB. Foto : Istimewa.

Nusa Tenggara Barat, Ahad.co.id- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyalurkan dana bantuan untuk perbaikan rumah korban terdampak gempa di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Dana bantuan dalam bentuk tabungan ini disalurkan di Kelurahan Pemenang Baru, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara kepada penghuni 5.293 rumah rusak pada Ahad (2/9).

Jokowi berharap masyarakat bisa langsung mulai bekerja untuk perbaikan rumah untuk mengantisipasi datangnya musim penghujan.

“Kita ingin agar rumah-rumah yang ada ini dibangun secepat-cepatnya. Oleh sebab itu semuanya harus bekerja keras, gotong royong, karena kita ini sebentar lagi akan masuk musim penghujan. Paling tidak ada konstruksi jadi atapnya sudah bisa dibangun, sehingga bisa dipakai untuk berteduh kembali apabila musim hujan sudah datang,” katanya, dalam keterangan resmi, Ahad.

Baca juga :   30 Anak Muallaf Dapat Beasiswa Penuh Baitul Mal Aceh

Jumlah bantuan yang disalurkan yaitu Rp. 50 juta untuk rumah rusak berat, Rp. 25 juta untuk rumah rusak sedang, dan Rp 10 juta untuk rumah rusak ringan. Masyarakat diharapkan untuk fokus memprioritaskan dana tersebut untuk pembangunan rumah.

“Kalau nanti bangunnya ini sudah selesai betul dan ternyata tidak sampai Rp 50 juta untuk bangunnya, tidak sampai Rp 25 juta yang rusak sedang, ya alhamdulilah. Silakan untuk kepentingan yang lain, tapi prioritas yang pertama adalah untuk rumah,” ucapnya.

“Tetap ada pertanggungjawaban akan dicek, nanti rumah tidak jadi duitnya sudah tidak ada. Hati-hati jangan sampai dipakai yang lain. Rumah enggak jadi, malah punya sepeda motor baru, harus rumahnya jadi dulu,” sambungnya.