Beranda Berita Tips Menghadapi Gempa Bumi

Tips Menghadapi Gempa Bumi

BERBAGI
Foto : Tribun Medan/M Daniel Effendi Siregar.

Jakarta, Ahad.co.id- Gempa berkekuatan 7 SR telah menimpa Lombok Nusa Tenggara Barat dan menimbulkan adanya ancaman tsunami. Gempa tersebut dilaporkan telah merenggut lebih dari 500 korban jiwa dan 7000 korban luka.

Belajar dari kejadian tersebut, penting bagi kita untuk mengetahui prosedur penyelamatan pertama dalam menghadapi gempa sesuai dengan arahan Palang Merah Indonesia (PMI)

Ketika di Rumah

Jika lantai mulai bergetar ketika anda sedang berada di rumah, segeralah menyelamatkan diri dengan bersembunyi dibawah meja. Hal ini untuk melindungi diri dari kejatuhan benda berat. Tutup kepala anda dengan helm, Bantal atau tangan.

Luar Ruangan

Saat berada di luar ruangan, lindungi kepala anda dan berlarilah ke area yang terbuka. Tetaplah tenang menunggu untuk kemungkinan adanya gempa susulan.

Di Pusat Perbelanjaan atau Area Publik

Jika anda sedang berada di mall atau area publik lainnya, tetaplah tenang. Hindari menggunakan lift saat terjadi gempa atau kebakaran. Carilah pintu darurat dan pergi ke area terbuka.

Ikuti instruksi petugas penyelamat jika ada.

Di Dalam Kendaraan

Jika anda adalah penumpang kendaraan, kencangkan sabuk pengaman dan berpeganganlah pada sesuatu yang stabil seperti handle. Ini untuk membantu anda tetap aman jika kendaraan harus berhenti mendadak.

Minta sopir untuk menurunkan kecepatan dan menghentikan kendaraan, lalu berpindahlah ke area yang terbuka.

Gunung atau Pantai

Gempa bumi dapat menyebabkan longsor. Jika anda sedang berada di pegunungan, berlarilah ke area terbuka yang jauh dari tebing.

Baca juga :   GNPF MUI Serukan Umat Islam Lakukan Qunut Nazilah

Gempa bumi juga dapat menimbulkan tsunami. JIka anda sedang berada di pantai, sangat direkomendasikan untuk mencari dataran yang lebih tinggi.

Pasca Gempa

Berikut adalah langkah-langkah penyelamatan setelah gempa mereda.

1. Jika anda berada di dalam rumah, pergilah ke ruang terbuka.
2. Periksa jika ada yang terluka. Jiika memungkinkan, bantulah orang-orang sekitar anda.
3. Orang-orang dewasa disarankan untuk mencopot tabung gas dari selangnya untuk menghindari ledakan.
4. Jangan nyalakan api karena dikhawatirkan adanya kebocoran gas.

Antisipasi Sebelum Gempa

Persiapkanlah diri anda untuk menghadapi terjadinya gempa sewaktu-waktu dengan mengamati sekitar. Berikut adalah tips yang bisa dilakukan.

1. Saat anda memasuki gedung, ketahuilah dimana pintu darurat berada.
2. Ketika anda sedang berada di dalam gedung, carilah tempat yang aman seperti kolong meja yang kuat untuk melindungi jika terjadi gempa. Pastikan area tersebut jauh dari cermin besar, benda bergantung, rak buku atau jendela.
3. Gempa bisa terjadi kapan saja. Sangat direkomendasikan untuk tidak menggantung benda di atas tempat tidur.
4. Simpanlah nomor-nomor darurat, seperti polisi (110), ambulan (118 dan 119), Petugas Penyelamat (115) dan pemadam kebakaran (113 atau 1131).

Ahmad Royyan