Beranda Headline Serunya Pelatihan Menulis di Kampung Literasi Tamanan Yogyakarta

Serunya Pelatihan Menulis di Kampung Literasi Tamanan Yogyakarta

BERBAGI
Dokumentasi Rumah Zakat

Yogyakarta, Ahad.co.id- Rumah Zakat menyelenggarakan pelatihan menulis bagi anak-anak di Kampung Literasi Tamanan, Banguntapan Yogyakarta. Hal tersebut bertujuan untuk menyampaikan ide dan gagasan melalui tulisan, selain itu juga untuk menanamkan gemar membaca sejak dini kepada anak-anak.

Menurut penelitian dari Central Connecticut State Univesity, Indonesia menduduki peringkat ke 60 dari 61 negara mengenai tingkat minat baca. Rendahnya minat baca masyarakat Indonesia menjadikan Rumah Zakat menginisiasi untuk membuat program literasi dengan melatih anak-anak agar gemar membaca dan menulis.

“Menulis merupakan salah satu cara kita berkomunikasi dengan orang lain dan bisa menyampaikan pendapat. Dengan demikian, orang lain bisa tahu apa yang kita rasakan dan apa yang kita pikirkan, ungkap Zudi dari Pro-U Media Yogyakarta.

Baca juga :   Ketua MPR RI Ajak Umat Islam Bersatu Songsong Tahun Politik

Kegiatan yang diikuti oleh 22 anak tersebut diselenggarakan di Masjid Margo Rahayu, Grojogan, Tamanan pada Senin (30/7). Selain belajar menulis, anak-anak juga diajak untuk menggambar benda yang disukai untuk diceritakan di depan teman-temannya.

Pelatihan menulis tersebut merupakan pertemuan perdana yang diselenggarakan oleh Rumah Zakat di wilayah Tamanan. Selajnutnya program tersebut akan diadakan rutin dan berkelanjutan bagi anak-anak Kampung Literasi Tamanan.

Hasbi Syauqi