Beranda Berita Israel Kewalahan Hadapi Layang-Layang Api dari Gaza

Israel Kewalahan Hadapi Layang-Layang Api dari Gaza

BERBAGI
Layang-layang api buatan pemuda Gaza. Foto: Istimewa

Gaza, Ahad.co.id- Warga Palestina di Gaza bertekad meningkatkan serangan layang-layang dan balon api ke Israel. Tekad itu muncul setelah Israel memberlakukan pembatasan atas wilayah yang jadi medan perang itu serta menghalangi pengiriman bahan bakar dan gas.

Unit yang disebut “Sons of al-Zawari” menerbangkan ratusan layang-layang dan balon-balon yang dinyalakan api di Israel sejak April selama protes di perbatasan. Anggota mereka, yang sering tampil bertopeng Guy Fawkes berjanji untuk melanjutkan serangan mereka sampai Israel mencabut blokade 11 tahun yang melumpuhkan.

Israel mengerahkan pesawat tanpa awak untuk melawan layang-layang api buatan pemuda Gaza. Pihak Israel berkata, serangan itu telah memicu lebih dari 750 kebakaran, menghanguskan lebih dari 2.600 hektar lahan.

Di hari yang sama, Israel memblokir semua pengiriman bahan bakar dan gas melalui Kerem Shalom, satu-satunya jalur yang menyeberang ke Gaza, sampai Ahad. Mereka juga mengurangi zona penangkapan ikan yang diizinkan Gaza dari enam mil laut menjadi hanya tiga mil laut, mencekik penghasilan vital bagi 1,8 juta penduduk Gaza.

Baca juga :   DPR Desak PBB Investigasi Tragedi Land Day Palestina

Selebaran yang beredar menyebutkan bahwa mereka akan meluncurkan lebih banyak layang-layang. “Semakin (Israel) mengetatkan pengepungan makin banyak api yang akan kita nyalakan. Kami akan memperluasnya untuk mencapai lebih banyak jarak,” kata mereka.

The Independent | Hasbi Syauqi