Beranda Berita Kapal Pembebasan Palestina Bertolak dari Italia Menuju Gaza

Kapal Pembebasan Palestina Bertolak dari Italia Menuju Gaza

BERBAGI

Italia, Ahad.co.id- Komite Internasional untuk Pembebasan Blokade Gaza menyatakan bahwa kapal pembebasan blokade yang pada pertengahan Mei lalu berasal dari Eropa utara dengan slogan “Untuk Masa Depan yang Adil Bagi Palestina”, Kamis (19/7/2018) hari ini sedang bersiap berangkat dari pelabuhan “Palermo” di pulau Sicily Italia di bagian akhir perjalanannya menuju Gaza.

Komite menegaskan bahwa perjalanan ini adalah upaya baru untuk pembebasan blokade yang diberlakukan terhadap Jalur Gaza sejak 11 tahun, serta untuk menegaskan akan hak kebebasan bergerak bagi orang-orang Palestina dari dan ke tanah air mereka.

Komite menegaskan bahwa rencana asli Aliansi Internasional Freedom Flotilla yang menyelenggarakan perjalanan kapal-kapa ini hanya membatasi jumlah aktivis yang dibawa. Hanya puluhan aktivis internasional dan tokoh publik dari seluruh penjuru dunia, yang membawa pesan cinta dan solidaritas untuk rakyat Palestina yang hidup di bawah pendudukan dan di bawah blokade tidak manusiawi, yang menyebabkan warga sipil di Jalur Gaza mengalami hukuman kolektif ilegal yang mengancam hidup dua juta warga Palestina di Jalur Gaza.

“Namun karena situasi tragis rumah sakit di Jalur Gaza yang terblokade dan kekurangan akut obat-obatan, aliansi memutuskan agar kapal-kapal tersebut membawa obat-obatan dan kebutuhan medis yang mendasar untuk membantu mengobati korban luka dalam pawai kepulangan akbar selama tiga bulan terakhir, dan demi menyambut panggilan para korban luka yang mencoba untuk meninggalkan Jalur Gaza untuk berobat dengan menggunakan kapal nelayan lokal yang ditangkap oleh otoritas penjajah Zionis Israel sekitar dua minggu lalu,” tegasnya.

Baca juga :   Rayakan Idulfitri, Tentara Afghanistan dan Taliban Berpelukan

Komite menyatakan bangga dengan dukungan rakyat yang terus meningkat kepada kapal-kapal yang dikirim untuk pembebasan blokade dan tujuannya, terutama dari publik figur, politisi dan aktivis di banyak negara di dunia. Komite berterima kasih kepada semua aktivis solidaritas internasional, secara khusus ditujukan kepada penyanyi Inggris yang terkenal “Roger Waters” yang beberapa hari sebelum mengirim pesan rekaman untuk mendukung kapal-kapal pembebasan blokade ini dan kepada para aktivis yang ada di atas kapal tersebut.

PIP | Hasbi Syauqi