Beranda Berita Universitas Muhammadiyah Segera Berdiri di Malaysia

Universitas Muhammadiyah Segera Berdiri di Malaysia

BERBAGI
Sumber foto: muhammadiyah.or.id

Jakarta, Ahad.co.id- Menteri Pendidikan Malaysia Maszlee Malik menyatakan dukungannya terhadap rencana pendirian Universitas Muhammadiyah di Malaysia oleh Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, kata Prof Dr Suyatno, ketua delegasi yang mewakili PP Muhammadiyah.

“Alhamdulillah, dalam pertemuan yang berlangsung di Putrajaya Selasa (17/7) Pak Menteri Malaysia sangat mendukung niat PP Muhammadiyah tersebut,” kata Rektor Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) itu melalui telepon seluler dari Malaysia, Rabu (18/7/2018).

Bahkan menteri yang usianya masih 44 tahun tersebut juga menyatakan akan memberikan sumbangan bagi lembaga pendidikan di Indonesia ini sebagai tabungan akhirat, sekaligus menyatakan kagum pada tokoh Buya Hamka, katanya.

“Rencana kami bisa dibangun mulai tahun ini juga, namun demikian harus memenuhi segala perizinan yang disyaratkan. Ini sedang proses,” katanya.

Jika Universitas Muhammadiyah di Malaysia ini bisa dibangun, maka ini akan menjadi yang pertama bagi Muhammadiyah memiliki kampus di luar negeri, ujarnya menambahkan.

Jumlah lembaga pendidikan yang dimiliki Muhammadiyah saat ini mencapai lebih dari 10 ribu, terdiri atas TK, SD, SMP, SMA, pondok pesantren, hingga perguruan tinggi.

Baca juga :   Habib Ali: Al Aqsa akan Dibebaskan oleh Pasukan Pecinta Rasulullah

Saat ini organisasi Muhammadiyah mengelola 173 kampus di seluruh Indonesia terdiri atas 45 universitas dan sisanya berupa sekolah tinggi, akademi, dan politeknik.

Sebelum bertemu Menteri Pendidikan Malaysia tersebut, para utusan PP Muhammadiyah bertemu dengan Ketua Pengarah Pendidikan Tinggi Malaysia Siti Hamisah Tapsir.

Hadir pula bersama Prof Dr Suyatno dalam pertemuan di Kompleks Parlemen Malaysia di Putrajaya itu, Ketua Majelis Pendidikan Tinggi dan Penelitian dan Pengembangan PP Muhammadiyah Prof Lincolin Arsyad, Rektor Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) Prof Bambang Setiaji.

Juga Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta Prof Sarjito, Wakil Rektor Uhamka Prof Gunawan SP, Wakil Rektor UMKT Prof Waluyo dan Ketua Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Malaysia Prof Sonny Zulhuda.

Antara | Hasbi Syauqi