Beranda Berita Pasangan Prabowo-Amien Dipandang Mampu Imbangi Jokowi

Pasangan Prabowo-Amien Dipandang Mampu Imbangi Jokowi

BERBAGI

Jakarta, Ahad.co.id- Hasil pilkada serentak tak mengubah peta kekuatan jelang Pilpres 2019. Presiden Joko Widodo masih jadi favorit untuk memenangkan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Direktur Indonesian Watch for Democracy (IWD) Endang Tirtana mengatakan, Jokowi justru makin kuat usai pemilihan kepala daerah kemarin. Pasalnya, banyak dari kandidat yang menang punya kedekatan dengan Jokowi.

“Salah satu Contoh Nurdin Abdullah, maju di Sulawesi Selatan, dan didukung penuh PDI-P. Juga seperti Ridwan Kamil. Saya duga hal yang sama juga pada Khofifah. Salah satu menteri pilihan Jokowi yang maju sebagai gubernur Jatim,” ujar dia dikutip dari JPNN, Sabtu (30/6).

Meski begitu, lanjut Endang, bukan berarti Jokowi tidak bisa dikalahkan. Menurut dia, masih ada satu cara untuk menumbangkan Jokowi.

Melihat hasil pilkada kemarin, Endang yakin Jokowi berpeluang dikalahkan duet Prabowo dan Amien Rais. “Cara satu-satunya (mengalahkan Jokowi), bersatunya Prabowo dan Amien Rais sebagai lawan di pilpres” tambah Endang.

Baca juga :   Kunjungi ASEAN, Pangeran Charles Enggan Mampir ke Myanmar

Ketika ditanya awak media, kenapa IWD justru mendorong majunya Prabowo dan Amien Rais? Dirinya menekankan, hanya Gerindra dan PAN yang bisa melawan Jokowi.

Dijelaskannya, semua kemenangan calon Gerindra dalam pilkada akibat figuritas Prabowo. Sedangkan kemenangan PAN karena pengaruh dan fatwa-fatwa politik Amien Rais.

“Jadi, Prabowo-Amien Rais adalah jalan melawan kekuatan incumbent presiden. Itu cara menumbangkan Jokowi” tutup Endang Tirtana.

Hasbi Syauqi