Beranda Gaya Hidup Mau I’tikaf? Ini 8 Masjid Pilihan di Jakarta

Mau I’tikaf? Ini 8 Masjid Pilihan di Jakarta

BERBAGI

1. Masjid Istiqlal

Masjid ini bisa menampung banyak peserta I’tikaf dengan leluasa dan nyaman. Bacaan tarawih standar. Banyak waktu untuk ibadah mandiri. Ada ifthor dan makan sahur gratis dalam jumlah terbatas. Masjid istiqlal untuk shalat ada di lantai 2, posisi laki-laki dan perempuan mengambil posisi bagian kanan dan kiri lantai 2 tersebut dengan dibatasi oleh tirai. Lantai satu untuk lokasi makan, penitipan sepatu, wudhu dan toilet.

Alamat: Jl. Taman Wijaya Kusuma, Ps. Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10710 (021) 3811708

2. Masjid Baitul Ihsan

Terkenal nyaman, ber-AC di tiap sisinya dan berkarpet tebal. Tarawih dan qiyamullail yang syahdu, dengan variasi ceramah malam dan ba’da subuh. Lantai satu digunakan untuk peserta laki-laki, lantai 2 digunakan peserta perempuan. Lokasi wudhu perempuan di lantai dasar, sedangkan laki-laki di lantai 1.
Masjid ini dilengkapi dengan karpet yang tebal dan empuk, nyaman untuk istirahat. Qiyamullail dilaksanakan dengan 3 juz selama kurang lebih 2,5 jam. Untuk berbuka puasa dan sahur mandiri. Biasanya sering ada donatur yang memberikan makanan ifthor.

Alamat: Komplek Bank Indonesia, Jalan Budi Kemuliaan No.23, RT.2/RW.3, Gambir, RT.2/RW.3, Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10111 (021) 29818457

3. Masjid Agung Sunda Kelapa

Interior di dalam masjid cukup nyaman, terlebih saat siang hari ketika Jakarta begitu panasnya, i’tikaf di dalam menjadi daya tarik besar untuk tilawah maupun kegiatan ibadah lainnya. Jumlah toilet banyak dan ada screen and sound yang menghubungkan dengan jamaah laki-laki. Agenda di masjid ini adalah shalat tarawih dan ceramah, tadarus Al-Qur’an, qiyamullail, muhasabah, dan ditutup dengan sahur bersama.

Alamat: Jalan Taman Sunda Kelapa No.16, RT.6/RW.4, Menteng, Jakarta Pusat, 10310 (021) 31934261

4. Masjid Agung Al-Azhar

Masjid ini memiliki agenda kajian keislaman yang padat. Banyak kegiatan anak-anak dan remaja. Di sebelah masjid ada lapangan untuk tempat bermain. Bacaan dalam shalat standar. Banyak sekali penjual di sekitar masjid.

Alamat: Jalan Sisingamangaraja, RT.2/RW.1, Selong, Kebayoran Baru, 12110 (021) 72783683

5. Masjid Baitul Hikmah

Kualitas tahajjud di Elnusa ini mantap, ditambah lagi dengan fasilitas muhasabah bersama. Walau ACnya tidak banyak, Masjid ini sejuk karena banyak pintu yang terbuka dan ada cukup AC untuk membuat suasana nyaman. Kalau mau itikaf, daftarkan makan sahur ke panitia, insyaAllah gratis dikasih kupon. Jika tidak mendaftar, akan cukup sulit untuk membeli makanan karena lokasi masjid ini di dalam komplek perkantoran TB Simatupang.

Baca juga :   Ini Pesan Peringatan Nuzulul Quran dari Mataram

Alamat: Jl. TB. Simatupang No.Kav 1B, Cilandak Timur Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530 (021) 78830850

6. Masjid Al Hikmah

Masjid ini top sekali tahajjudnya. Masjid ini bisa dikatakan sebagai markaznya huffadz. I’tikaf di Al-Hikmah ini bisa menjadi latihan ketahanan. Tarawih selalu 1 juz. Untuk Qiyamullail menyelesaikan 3 juz. Imam hafidz dengan qira’at mantap, disertai do’a-do’a, sangat menyentuh. Lokasi wudhu dan WC ada di lantai 1, sedang lantai 2 untuk peserta laki-laki dan lantai 3 untuk peserta perempuan. Selain peserta i’tikaf resmi, sahur bisa dilakukan mandiri, banyak rumah makan di sekitar masjid.

Alamat: Jl. Bangka II No.24, RT.8/RW.3, Pela Mampang, Mampang Prapatan, RT.8/RW.3, Pela Mampang, Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12720

7. Masjid Agung At-Tin

Masjid ini adalah masjid paling terkenal seantero Jakarta Timur. Masjid yang oke secara luas, kenyamanan, dan kualitasnya. Biasanya masjid ini menjadi tempat I’tikaf favorit para pemuda dan keluarga muslim untuk mengisi ramadhannya. Untuk sahur bisa mandiri, ada spot luas jajanan sekitar seratus meter dari masjid.

Alamat: Jl. Taman Mini I, Pinang Ranti, Makasar, RW.3, Pinang Ranti, Makasar, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13560 (021) 87781602

8. Masjid Baitut Taqwa

Masjid ini berada di area perkantoran Dirjen Bea Cukai di Jalan Ahmad Yani dekat bypass Rawamangun. Meskipun masjid ini relatif sederhana tapi suasana dan fasilitas sangat mendukung untuk I’tikaf. Merupakan tempat berkumpulnya anak-anak muda di wilayah dan Jalan Pemuda. Dinding masjid transparan. Kualitas tarawih standar menjadikan I’tikaf di sini bisa dioptimalkan dengan agenda mandiri. Tempatnya nyaman dengan karpet tebal dan AC yang membuat sejuk udara di dalam masjid.

Alamat: Jl Jend A Yani RT 11 Pisangan Timur Pulo Gadung Jakarta Timur DKI Jakarta, RT.1/RW.3, Pisangan Tim., Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13230 (021) 47862512

NB: Kondisi, kebijakan dan masjid bisa tidak sama dengan tahun sebelumnya.

(Dihimpun dari berbagai sumber)