Beranda Berita Ini Hasil Pertemuan Din Syamsuddin dan Aung San Su Ki

Ini Hasil Pertemuan Din Syamsuddin dan Aung San Su Ki

BERBAGI

Nay Pyi Daw, Ahad.co.id- Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja sama Antar Agama dan Peradaban (UKP-DKAAP) Din Syamsuddin bersama sejumlah tokoh agama dunia bertemu dengan State Counsellor Myanmar, Aung San Su Ki. Pertemuan yang berlangsung di Nay Pyi Daw, Ibu Kota Myanmar, pada Jumat (25/5), bertujuan untuk memberikan surat hasil forum konsultasi tingkat tinggi para tokoh keagamaan dunia.

Din menyampaikan keprihatinan dunia soal kondisi Provinsi Rakhine. Dalam beberapa bulan terakhir penduduk Rakhine yang berasal dari etnis Rohingya mengungsi ke Bangladesh akibat bentrokan pemberontak dan militer Myanmar.

Dalam keterangan tertulisnya, Din menyampaikan, untuk menyelesaikan masalah di Rakhine, Pemerintah Myanmar harus mengakui eksistensi etnis Rohingya. Pemerintah Myanmar juga diminta memberikan hak warga negara untuk etnis Rohingya. Etnis yang secara fisik berbeda dengan warga Myanmar lainnya itu sering dianggap bukan bagian negara tersebut.

Menanggapi pernyataan itu, Aung San Su Ki mengatakan negaranya menghargai hak asasi manusia dan nilai-nilai demokrasi. Dia mengatakan, masalah di Rakhine dan daerah lain di Myanmar akan berlangsung lewat cara damai dengan cara rekonsiliasi.

Baca juga :   Pembantaian Muslim Rohingya, Forjim: Kapan Dunia Islam Bertindak?

Selain Din, ada pemuka agama lain yang ikut hadir dalam pertemuan itu. Di antaranya adalah tokoh agama Budha, tokoh agama Kristen, dan tokoh agama Hindu.

Pertemuan itu untuk menyerahkan surat hasil forum konsultasi tokoh agama sedunia yang sebelumnya berlangsung di Yangon, Myanmar. Forum itu digelar sebagai bentuk ajakan agar masalah yang bernuansa rasial dan keagamaan di Myanmar dapat diselesaikan dengan cara-cara damai.

Berlangsungnya forum itu mendapat sambutan hangat dari Aung San Su Ki. Pemimpin Pemerintahan Myanmar itu juga menyatakan akan hadir dalam agenda selanjutnya pada Oktober 2018.

Hasbi Syauqi