Beranda Headline 13 Peristiwa Penting yang Terjadi di Bulan Ramadhan

13 Peristiwa Penting yang Terjadi di Bulan Ramadhan

BERBAGI

Jakarta, Ahad.co.id- Selain bulan berburu pahala, Ramadhan juga bulan bersejarah. Berbagai peristiwa penting terjadi di bulan istimewa ini. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut peristiwa itu:

1. Alquran Diturunkan
17 Ramadhan menjadi tanggal istimewa di bulan suci umat Islam ini. Pada tanggal tersebut Allah SWT menurunkan Alquran ke muka bumi melalui Nabi Muhammad SAW, atau biasa disebut Nuzulul Quran. Istilah Nuzulul Quran yang secara harfiah berarti turunnya Alquran adalah istilah yang merujuk kepada peristiwa penting penurunan wahyu Allah pertama kepada Nabi Muhammad SAW.

2. Kitab Sebelum Alquran Diturunkan
Turunnya kitab-kitab suci sebelum Alquran yaitu Shuhuf Ibrahim pada 1 Ramadhan. Taurat diturunkan pada 6 Ramadhan, Zabur pada 24 Ramadhan, dan Injil pada 13 Ramadan.

3. Ibnu Sina Lahir, Ibnu Khaldun wafat
Ilmuwan kedokteran Muslim Ibnu Sina lahir pada Ramadhan 428 H, sementara ilmuwan Muslim lain yang merupakan tokoh Sosiologi Ibnu Khaldun meninggal dunia.

4. Puteri Rasulullah Wafat
Putri Nabi Muhammad SAW Fatimah Az-Zahra wafat pada Ramadhan tahun 11 H.

5. Islam Sampai ke Yaman
Yaman terletak di selatan semenanjung tanah arab. Nabi Muhammad mengutus Ali bin Abi Thalib dengan membawa surat beliau untuk penduduk Yaman khususnya Suku Hamdan. Dalam periode satu hari, semua mereka memeluk agama Islam secara aman. Peristiwa bersejarah itu terjadi pada bulan Ramadhan tahun ke-10 hijrah.

6. Ali bin Abi Thalib Dibunuh
Pembunuhan atas Ali bin Abi Thalib oleh seorang Khawarij bernama Abdurrahman bin Muljam pada 21 Ramadhan 40 H.

7. Pembebasan Andalusia
Andalus adalah nama Arab yang diberikan kepada wilayah-wilayah di semenanjung Iberia yang diperintah oleh orang Islam selama beberapa waktu mulai tahun 711 sampai 1492 Masehi. Pada 28 Ramadhan tahun ke-92 Hijrah, panglima Islam Tariq bin Ziyad dikirim pemerintaan Bani Umayyah untuk menawan Andalus. Tariq memimpin armada Islam menyeberangi laut yang memisahkan Afrika dan Eropa. Setelah pasukan Islam mendarat, Tariq membakar kapal-kapal tentara Islam agar mereka tidak berpikir untuk mundur. Akhirnya Andalus ditawan dan Islam bertapak di tempat itu selama delapan abad.

Baca juga :   Interpol Tolak Permintaan "Red Notice" untuk Zakir Naik

8. Kemenangan Islam di Perang Badar dan Fathul Makkah
Perang Badar terjadi pada 17 Ramadan 2 H/624 M. Inilah peperangan pertama yang dilakukan kaum Muslim melawan kaum kafir Quraisy dari Mekkah setelah hijrah ke Madinah. Pertempuran itu berakhir dengan kemenangan pihak Muslim. Sedangkan Fathul Makkah atau pembebasan Kota Mekkah terjadi pada tahun Ramadhan 8 Hijriah/ 630 M.

9. Tentara Islam Kalahkan Tentara Mongol
Pada 126-1405 Masehi, tentara Mongol dibawah Genghis Khan melebarkan penaklukannya hampir semua benua Asia. Mereka membunuh lebih sejuta rakyat negara yang dikalahkan. Pada 1258, tentara pimpinan jenderal Hulagu Khan menyerang Kota Baghdad yang menjadi kemegahan dinasti Abbasiyah. Dalam serangan itu, banyak umat Islam terbunuh. Pada 15 Ramadhan 658 Hijrah bersamaan 1260 Masehi, tentara Islam bangkit membuat serangan balasan dibawah pimpinan Sultan Qutuz dari dinasti Mamluk. Dalam pertempuran itu, tentara Islam meraih kemenangan.

10. Khalid bin Walid Meruntuhkan Berhala Al ‘Uzza
Setelah umat Islam membebaskan Kota Mekkah, Nabi Muhammad SAW menyucikannya dengan memusnahkan 360 patung di sekeliling Ka’bah. Lima hari sebelum berakhirnya Ramadhan tahun ke-9 hijrah, ia mengirim Khalid bin Walid untuk memusnahkan patung al ‘Uzza di nakhla. Menurut kepercayaan Arab Jahiliyah, al ‘Uzza adalah patung dewi terbesar di situ.

11. Kemenangan Salahuddin Al-Ayyubi
Keberhasilan Salahuddin Al-Ayyubi menaklukkan kaum Salib pada Ramadhan tahun 584 Hijriyah berdampak pembebasan sebagian besar negara yang pernah dikuasai oleh kaum Salib.

12. Tanah Palestina Dirampas
Pada Ramadhan 1356 H tanah Palestina di Jalil Ulya dirampas untuk Yahudi.

13. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilakukan pada Jumat, 17 Agustus 1945, bertepatan dengan tanggal 9 Ramadhan 1364 Hijriah atau 17 Agustus 2605 menurut tahun Jepang.

Daniel Amrullah