Beranda Headline 13 Peristiwa Penting yang Terjadi di Bulan Ramadhan

13 Peristiwa Penting yang Terjadi di Bulan Ramadhan

BERBAGI

Jakarta, Ahad.co.id- Selain bulan berburu pahala, Ramadhan juga bulan bersejarah. Berbagai peristiwa penting terjadi di bulan istimewa ini. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut peristiwa itu:

1. Alquran Diturunkan
17 Ramadhan menjadi tanggal istimewa di bulan suci umat Islam ini. Pada tanggal tersebut Allah SWT menurunkan Alquran ke muka bumi melalui Nabi Muhammad SAW, atau biasa disebut Nuzulul Quran. Istilah Nuzulul Quran yang secara harfiah berarti turunnya Alquran adalah istilah yang merujuk kepada peristiwa penting penurunan wahyu Allah pertama kepada Nabi Muhammad SAW.

2. Kitab Sebelum Alquran Diturunkan
Turunnya kitab-kitab suci sebelum Alquran yaitu Shuhuf Ibrahim pada 1 Ramadhan. Taurat diturunkan pada 6 Ramadhan, Zabur pada 24 Ramadhan, dan Injil pada 13 Ramadan.

Baca juga :   Ijtima' Ulama Indonesia Sepakat Konsisten Bela Negara

3. Ibnu Sina Lahir, Ibnu Khaldun wafat
Ilmuwan kedokteran Muslim Ibnu Sina lahir pada Ramadhan 428 H, sementara ilmuwan Muslim lain yang merupakan tokoh Sosiologi Ibnu Khaldun meninggal dunia.

4. Puteri Rasulullah Wafat
Putri Nabi Muhammad SAW Fatimah Az-Zahra wafat pada Ramadhan tahun 11 H.

5. Islam Sampai ke Yaman
Yaman terletak di selatan semenanjung tanah arab. Nabi Muhammad mengutus Ali bin Abi Thalib dengan membawa surat beliau untuk penduduk Yaman khususnya Suku Hamdan. Dalam periode satu hari, semua mereka memeluk agama Islam secara aman. Peristiwa bersejarah itu terjadi pada bulan Ramadhan tahun ke-10 hijrah.