Beranda Headline Begini Kemeriahan Tarhib Ramadan di Masjid Al Hakim BSD

Begini Kemeriahan Tarhib Ramadan di Masjid Al Hakim BSD

BERBAGI
Tarhib Ramadan Masjid Al Hakim BSD. Foto: Tjahja Gunawan

Serpong, Ahad.co.id- Masjid Al Hakim Bumi Serpong Damai (BSD) mengelar Tarhib Ramadan untuk menyambut datangnya bulan suci bagi Umat Islam.

Dalam acara yang digelar Ahad (6/5/2018) itu sejumlah acara ditampilkan antara lain pawai, bazar, tabligh akbar, pembagian sembako, lomba Marawis dan pengobatan gratis untuk 100 orang dhuafa dan jompo.

Ketua panitia Ramadan Masjid Al Hakim, Dr. Yusri Hamzah mengatakan, tema Ramadan Masjid Al Hakim tahun ini adalah “Luruskan Iman, Sempurnakan Amal, Semoga Menjadi Orang yang Bertakwa”.

“Jadi Ramadan kali ini kami berharap menjadi momentum untuk memperbaiki diri. Nah memperbaiki diri itu dimulai dengan meluruskan iman dan menyempurkan amal,” katanya kepada Ahad.co.id. 

Untuk itu, Masjid dengan kapasitas 1500 jamaah ini telah menyiapkan sejumlah agenda Ramadan. Misalnya iftar (buka puasa bersama), sahur bersama, tarawih, itikaf dan pesantren kilat untuk anak usia SMP dan SMA.

“Buka puasa bersama di Al Hakim biasanya sampai 500 paket kami siapkan. Sedangkan pesantren kilat juga kami buat agar anak-anak dapat belajar adab dan sunnah-sunnah Rasulullah, target peserta 150 anak yang didampingi oleh 30 mentor,” jelasnya.

Baca juga :   Ikutilah Training Al Quran Bersanad Bersama Syaikh Abdullah Syajaroh

Selain belajar sunnah Rasulullah, para peserta pesantren kilat selama tiga hari juga akan dibekali ilmu memandikan jenazah, materi bahaya narkoba dan seks bebas serta kunjungan ke peternakan kambing.

“Materi-materi itu penting agar remaja semakin paham bahaya yang mengintai mereka saat ini,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan Ramadan di Masjid Al Hakim menghabiskan biaya sekitar Rp1,2 Miliar. Dana itu khusus untuk kegiatan selama bulan Ramadan.

“Semua dana itu berasal dari sumbangan jamaah dan warga sekitar Al Hakim, jadi tidak memberatkan kas yayasan dan masjid Al Hakim,” katanya.

Dudy S.Takdir