Beranda Berita PM Jepang: Kami Tak Akan Pindahkan Kedutaan ke Yerusalem

PM Jepang: Kami Tak Akan Pindahkan Kedutaan ke Yerusalem

BERBAGI

Ramallah, Ahad.co.id- Presiden Palestina Mahmoud Abbas bertemu Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada Selasa (1/5) sebagai bagian dari tur Abe ke Timur Tengah. Abbas menyambut Abe di Istana Kepresidenan di Kota Ramallah. Seperti dilansir Daily Mail pada Selasa (1/5), media resmi Palestina mengatakan, Abbas berterima kasih kepada Abe atas dukungan negara ini bagi rakyat Palestina.

Dalam kesempatan itu, Abe menegaskan kembali dukungan negaranya untuk pembentukan negara Palestina merdeka. “Kami tidak akan memindahkan Kedutaan Jepang ke Yerusalem,” kata Abe pada Abbas seperti dilansir Wafa.

Amerika Serikat akan memindahkan kedutaannya dari Tel Aviv ke Yerusalem pada 14 Mei mendatang. Keputusan tersebut memicu kemarahan rakyat Palestina.

Selama ini rakyat Palestina memandang Yerusalem Timur sebagai ibu kota masa depan Palestina. Oleh karena itu, mereka marah ketika AS mengakui Yerusalem jadi Ibu Kota Israel.

Abe terus mendukung pembentukan negara Palestina merdeka dalam kerangka solusi dua negara. Abbas berterima kasih kepada Abe atas dukungan negaranya bagi rakyat Palestina.

Baca juga :   Erdogan: Turki Segera Buka Kedubes untuk Palestina di Yerusalem

Sebelumnya, Palestina menolak bertemu dengan tim negosiasi Trump mengenai keputusan Trump yang semena-mena. Abe sendiri dijadwalkan akan bertemu Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Rabu (2/5). Kunjungannya juga termasuk perjalanan ke beberapa negara di Timur Tengah.

Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono mengatakan, prakarsa ini bertujuan untuk mempromosikan kerja sama regional termasuk melalui penciptaan taman industri pertanian di Tepi Barat.

Hasbi Syauqi