Beranda Berita Grand Syaikh Al Azhar Ajak Umat Jalankan Wasatiyah Islam

Grand Syaikh Al Azhar Ajak Umat Jalankan Wasatiyah Islam

BERBAGI

Bogor, Ahad.co.id- Grand Syaikh Al Azhar, Kairo, Mesir, Prof Ahmad Muhammad Ath Thayeb mengatakan, sikap moderat atau Wasatiyah merupakan hal yang semestinya dijalani oleh umat Islam agar tak terjadi perpecahan. Hal itu diungkapkannya saat menghadiri pembukaan acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ulama dan Cendekiawan Muslim untuk Islam Wasatiyah di Istana Presiden Bogor, Selasa, (2/5/2018).

Lebih lanjut dia menjelaskan, moderat adalah pilihan yang baik sebagaimana yang ada dalam Al Quran. Moderat berarti berimbang. Ia juga menyampaikan bahwa sikap ekstremis yang berkembang di beberapa umat Muslim di dunia tidak mencerminkan sikap moderat.

“Bersikap ekstrim merupakan hal yang berlebihan, dosa, dan gegabah. Tidak mencerminkan sama sekali Islam yang Wasatiyah yang jalam tengah,” katanya.

Dia mencontohkan beberapa perpecahan tersebut terjadi di beberapa ulama yang berbeda berpendapat mengenai konsep Aristoteles, filsuf dari Yunani, dekat dengan Islam. Namun ada pula ulama yang mengambil posisi di tengah, yakni tidak bersikap berlebihan atau ekstrim.

Baca juga :   Kantor Radar Bogor Digeruduk Massa PDIP, Forjim: Ini Intimidasi Kebebasan Pers

“Sesunguhnya perselisihan umat Islam dua abad yang lalu karena perselisihan mereka dalam memahami makna moderat yang semestinya,” kata Ath Thayeb.

Islam moderat tidak akan pernah mengkafirkan Muslim selama dia masih bersyahadat dan beriman kepada Allah dan rasul-Nya. Al Azhar menurutnya, sedari dulu menjaga Wasatiyah Islam di tengah umat Islam yang dihadapkan pada kelompok dengan mazhab yang ekstrim

Hasbi Syauqi