Beranda Berita Ini Direktur Perempuan Pertama di Saudi Aramco

Ini Direktur Perempuan Pertama di Saudi Aramco

BERBAGI

Riyadh, Ahad.co.id- Perusahaan minyak nasional Arab Saudi Aramco, Ahad (29/4) mengatakan bahwa perusahaan tersebut menunjuk lima anggota baru untuk dewan direksinya, termasuk perempuan pertama dalam sejarah perusahaan.

Lynn Laverty Elsenhans (60) adalah mantan direktur perusahaan minyak Amerika Serikat Sunoco Inc. dan telah menjabat sebagai direktur perusahaan jasa minyak Baker Hughes sejak Juli tahun lalu.

Dia pernah menjabat di dewan direksi beberapa perusahaan minyak besar.

Dia menempati posisi ke-10 dalam daftar 100 perempuan paling berpengaruh versi majalah Forbes pada 2009.

Anggota dewan direksi Aramco yang baru meliputi Menteri Keuangan Mohammed al-Jadaan, sementara Menteri Energi Khaled al-Faleh tetap menjadi direktur perusahaan, kata Aramco dalam sebuah pernyataan.

Penunjukan direksi baru datang dari pihak kerajaan yang bergantung pada minyak, yang menghadapi defisit anggaran persisten karena harga minyak mentah yang rendah. Perusahaan bersiap untuk menjual hingga lima persen saham Aramco dalam penawaran umum perdana (IPO) baik tahun ini atau 2019.

Baca juga :   Trauma, Korban Gempa Banjarnegara Pilih Bertahan di Tenda

Kerajaan berharap dapat mengumpulkan sekitar 100 miliar dolar dari IPO, berdasarkan penilaian 2 triliun dolar dari nilai perusahaan, yang mengontrol deposit minyak dan gas alam yang sangat besar. Demikian dilansir Kantor Berita AFP.

Daniel Amrullah