Beranda Berita Dewan Keamanan PBB Berencana Segera Kunjungi Rakhine

Dewan Keamanan PBB Berencana Segera Kunjungi Rakhine

BERBAGI
Anak-anak pengungsi Rohingya di kamp pengungsian di Bangladesh/ahad.co.id-Tjahja Gunawan

Naypydiaw, Ahad.co.id- Delegasi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang ingin melihat langsung dampak krisis pengungsi Rohingya akan tiba di Myanmar pada Senin depan dan mengunjungi negara bagian Rakhine, kata seorang pejabat senior pemerintah.

Ini akan menjadi kunjungan pertama pejabat tertinggi PBB ke Rakhine sejak awal penindakan keras militer pada Agustus tahun lalu terhadap minoritas muslim Rohingya, yang disebut PBB dan Amerika Serikat sebagai pembersihan etnis.

Myanmar yang mayoritas penduduknya penganut ajaran Buddha membantah tuduhan itu, tetapi sangat membatasi akses ke zona konflik, menghalangi para pencari fakta PBB dan seorang utusan HAM untuk memasuki negara itu.

Setelah Dewan Keamanan pertama kali mengajukan kunjungan ke Myanmar pada Februari, pemerintah Myanmar mengatakan itu “bukan waktu yang tepat”, tetapi Myanmar memberi persetujuan pada awal bulan ini untuk kunjungan 15 duta dewan keamanan.

Baca juga :   Rumah Zakat Gelar Sunatan Massal untuk 400 Anak Rohingya

“Mereka akan datang ke Naypyidaw tanggal 30 (April) dan akan lanjut ke Rakhine hari berikutnya,” kata seorang pejabat senior Myanmar yang mengetahui rencana perjalanan itu kepada AFP tanpa memberikan rincian lain.

Hasbi Syauqi