Beranda Berita Pimpinan Houthi Tewas Oleh Serangan Udara Saudi

Pimpinan Houthi Tewas Oleh Serangan Udara Saudi

BERBAGI

Sana’a, Ahad.co.id- Kelompok pemberontak Houthi menyebut seorang tokoh senior mereka telah tewas akibat serangan udara koalisi pimpinan Arab Saudi. Seperti dilansir BBC, Selasa (24/4), tokoh senior yang tewas tersebut adalah Saleh Al Sammad.

Dalam pidato yang disiarkan televisi pada Senin (23/4) malam, Abdul Malik Al Houthi mengatakan, Sammad tewas bersama enam anggota rombongannya di Kota Hudaydah.

Menurut Al Houthi, Sammad menjadi sasaran koalisi koalisi AS-Saudi dalam tiga serangan udara.

Sammad berada di urutan kedua dalam daftar yang paling dicari di koalisi pimpinan Saudi. Bahkan dilaporkan oleh Al-Arabiya, hadiah USD 14 juta dolar telah ditawarkan untuk setiap informasi yang mengarah pada penangkapannya.

Sammad telah menjadi Ketua Dewan Politik Tertinggi Gerakan Houthi sejak pembentukannya. Di wilayah yang dikuasai pemberontak, dewan melakukan tanggung jawab dan fungsi negara, termasuk pembentukan pemerintah, penunjukan gubernur.

Baca juga :   Tolak Jalur Penerimaan Penghafal Kitab Suci, UGM Tertinggal dari PTN Lain

Juru Bicara Pemerintah Yaman yang didukung Saudi, Rajih Badi mengatakan, kematian Sammad adalah pukulan besar bagi Houthi karena latar belakang politik dan kemampuannya untuk membentuk aliansi.

Hasbi Syauqi