Beranda Berita 93 Wartawan Jadi Korban Kebiadaan Israel Selama Tahun 2018

93 Wartawan Jadi Korban Kebiadaan Israel Selama Tahun 2018

BERBAGI
Wartawan asal Gaza, Yasir Murtaji meninggal karena serangan Israel saat liputan. Foto: Palinfo

Gaza, Ahad.co.id- Komite solidaritas wartawan Palestina bersama sejumlah yayasan internasional mengajak semua pihak untuk mendukung para wartawan Palestina dengan mendesak Israel agar segera menghentikan penganiayaan terhadap mereka di dalam penjara.

Dalam laporanya yang dilansir pusat informasi Palestina, Senin (16/4) bersamaan dengan aksi tawanan yang diperingati setiap tanggal 17 April setiap tahunya, Komite ini menegaskan, Israel telah melakukan penganiayaan secara masif terhadap para wartawan selama seperempat tahun pertama tahun 2018 ini. Akibatnya, seorang wartawan, Yasir Murtaji asal Gaza meninggal syahid dan lebih dari 92 wartawan lainya mengalami luka. 89 wartawan berasal dari Gaza.

Israel telah menahan 45 wartawan sejak awal tahun hingga hari ini. 13 lainya ditangkap baru-baru ini. Diantaranya Busyro Thawil. Dengan penangkapan ini maka kasus pemberangusan liputan oleh pihak Israel mencapai 40 kasus dan lebih dari 19 kasus berupa perampasan identitas dan kartu pengenal pers.

Baca juga :   Proses Sertifikasi Halal Tak Terkendala Pandemi Covid19

Hingga kini masih ada enam wartawan yang masih ditahan secara administrasi oleh pemerintah Zionis tanpa dakwaan apapun. Selain itu, ada 15 wartawan yang masih ditangguhkan tanpa sidang pengadilan. Mereka adalah Wartawan yang terluka, Bassam al-Sayeh, Ahmad al-Darwish, Nidal Omar, Montaser Nassar, Hamed al-Namoura, Mus’ab Sa’id, Ayoub Mazuz Sawan, Mahmoud Abu Hashhash, Radwan Qutani, Yasin Abu Lefah, Marshall.

Daniel Amrullah