Beranda Syiar Dalam Satu Bulan, Bank Sampah Ini Kumpulkan 3 Kuintal Sampah

Dalam Satu Bulan, Bank Sampah Ini Kumpulkan 3 Kuintal Sampah

BERBAGI
Foto: Dokumentasi Rumah Zakat

Kuningan, Ahad.co.id- Bank Sampah binaan Rumah Zakat di RT 05/03 Kelurahan Sukamulya Cigugur, Kuningan berhasil mengumpulkan sampah sebanyak tiga kuintal. Sampah tersebut merupakan hasil dari penyetoran yang dilakukan oleh nasabah Bank Sampah Sehat Bersama di akhir bulan Maret 2018.

Melalui Program Senyum Lestari, setiap pekannya fasilitator Rumah Zakat memberikan pembinaan kepada warga di Desa Berdaya Sukamulya Cigugur, Kuningan. Hal tersebut bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Setiap pekannya, Bank Sampah Sehat Bersama di Kelurahan Sukamulya selalu mendapatkan penambahan nasbah baru. Para nasabah bisa menyetorkan berbagai jenis sampah, seperti botol atau gelas bekas air mineral, kardus, kertas, plastik, besi, dan lain-lain. Pada Minggu, (25/3) hasil penimbangan di Bank Sampah Sehat Bersama mencapai 150 kg.

Baca juga :   Muslim China di Indonesia Masih Banyak Mendapat Intimidasi

“Alhamdulillah setiap pekan nya jumlah sampah yang terkumpul terus meningkat. salah satu penyebabnya adalah bertambahnya jumlah nasabah yang bergabung dengan kita,” ujar Uung Untara, salah satu pengurus Bank Sampah Sehat Bersama.

Uung menambahkan, untuk ke depannya sampah tersebut akan dimanfaatkan menjadi barang daur ulang atau kerajinan tangan. Selain mempunyai nilai tambah secara ekonomi, daur ulang atau kerajinan sampah juga bisa memberdayakan masyarakat sekitar.

Hasbi Syauqi