Beranda Berita Menteri Agama Buka Rakernas BAZNAS

Menteri Agama Buka Rakernas BAZNAS

BERBAGI
Ist

Bali, AHAD.CO.ID- Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifuddin, membuka Rapat Kerja Zakat Nasional (Rakernas) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). BAZNAS dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) se-Indonesia, bertekad memperkuat kapabilitas Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) untuk pembangunan kesejahteraan nasional.

Demikian dikemukakan Ketua BAZNAS, Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA, CA, dalam laporan yang disampaikan pada Rakernas 2018. Acara ini dibuka Menag, Lukman Hakim Saifuddin di Hotel Grand Inna Bali Beach, Sanur, Denpasar Selatan, Bali, Rabu (21/8/2018).

Turut mendampingi, Wakil Ketua BAZNAS, Dr. Zainulbahar Noor, Deputi BAZNAS, M. Arifin Purwakananta, Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama yang juga Anggota BAZNAS, Prof. Dr. Muhammadiyah Amin, Sekretaris BAZNAS yang juga Ketua Panitia Rakernas 2018, Drs. H. Jaja Jaelani, MM, Direktur Pendistribusian, Mohd. Nasir Tajang dan Direktur Operasi, Wahyu TT. Kuncahyo.

Baca juga :   IHW: Sertifikasi Halal Tetap di LPPOM MUI

“Rakernas semakin memperkuat koordinasi zakat nasional. Kali ini mengambil tema ‘Penguatan Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) Untuk Pembanguan Kesejahteraan Nasional’,” ujar Bambang.

Menurut mantan Menteri Pendidikan Nasional ini, hal tersebut selaras dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pegelolaan Zakat dan PP Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Pengelolaan Zakat. Di mana, tutur Bambang, zakat sudah menjadi urusan negara dan pelaksanaan amanah pengelolaan zakat tersebut diserahkan kepada BAZNAS dibantu oleh Lembaga Amil Zakat (LAZ).

“Karena itu, kelembagaan dan sistem kerja BAZNAS dan LAZ selaku OPZ harus senantiasa diperkuat agar menjadi organisasi pemangku amanah ZIS yang kredibel dan bisa meringankan beban pemerintah meningkatkan kesejahteraan rakyat,” kata mantan Menteri Keuangan ini.