Beranda Berita Korea Utara Terpantau Bangun Fasilitas Nuklir Baru

Korea Utara Terpantau Bangun Fasilitas Nuklir Baru

BERBAGI
Citra satelit menunjukan pembangunan fasilitas nuklir Korut di Yongbyon. Foto: Daily Mirror

London, Ahad.co.id- Sebuah citra satelit memperlihatkan, Korea Utara (Korut) telah selesai membangun fasilitas nuklir baru.

Dikabarkan Daily Mirror Jumat (16/3/2018), reaktor eksperimental dengan pendingin air level ringan (ELWR) mulai dibangun di Yongbyong beberapa tahun lalu.

Kini, sebuah citra satelit bertanggal 25 Februari 2018 memperlihatkan kalau reaktor nuklir tersebut sudah mulai diujicobakan.

Berdasarkan laporan dari Jane’s Intelligence Review, terdapat gas yang keluar dari reaktor tersebut, menandakan Korut mulai mengaktifkannya.

Editor Jane’s Rob Munks berkata, ELWR yang ada di Yongbyon bersifat multiguna. Artinya, selain bisa untuk memproduksi listrik, reaktor itu juga bisa menjadi pabrik senjata.

“Jika Korut memutuskan untuk memproduksi plutonium dan tritium, maka negara itu bisa memperbanyak cadangan bahan pembuat senjata,” kata Munks.

Tidak ada yang tahu berapa jumlah senjata nuklir yang telah diproduksi oleh rezim pimpinan Kim Jong Un tersebut.

Namun, Mirror melansir, tahun lalu, Korut diperkirakan mempunyai 20-60 buah hulu ledak nuklir.

Baca juga :   MUI Targetkan 2017 Sebagai Tahun Kebangkitan Ekonomi Umat

Selain Yongbyon, 38North melaporkan kalau reaktor yang berada di dekatnya juga mulai meningkatkan aktivitas.

Situs yang memonitor apapun soal Korut itu menyatakan, dari citra satelit, asap mengepul dari ruang generator, dan membuat sungai yang beku menjadi mencair.

“Jika gambar ini benar dan reaktor beroperasi kembali, artinya Korut mulai memproduksi plutonium untuk senjata nuklir,” ulas 38North.

Laporan dari Jane’s dan 38North datang setelah Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menyetujui ajakan Korut untuk bertemu.

Kim menyatakan kesediaan untuk melakukan denuklirisasi sebagai permintaan terakhir sang ayah, mendiang Kim Jong Il.

DAMAR AH