Beranda Berita Awal Ramadan 1439 H Kemungkinan Serentak

Awal Ramadan 1439 H Kemungkinan Serentak

BERBAGI
Ilustrasi

Jakarta, Ahad.co.id- Kementerian Agama melalui Badan Hisab Rukyat (BHR) telah membentuk Tim Hisab Rukyat dan Forum Temu Kerja Hisab Rukyat sebagai usaha untuk menyatukan penetapan awal Ramadan dan Syawal 1439 H.

Tim tersebut merupakan wadah bertemunya para ahli hisab ruqyat berbagai ormas Islam dan instansi untuk mencari kesepahaman dalam penentuan awal bulan Hijriyah.

Anggota BHR Kemenag, Thomas Djamaluddin, mengatakan, Menteri Agama sudah melakukan pendekatan kepada ormas-ormas besar untuk membuka dialog menuju penyatuan kriteria.

“Tujuannya, selain jangka pendek untuk pembuatan kalender Islam tahunan, jangka panjang merumuskan kriteria bersama yang bisa mempersatukan umat,” ujarnya seperti dikutip dari Republika, Kamis (15/3/2018).

Thomas memperkirakan -bagi pengamal rukyat dan pengamatan hilal- atau menentukan -bagi pengamal hisab, perhitungan posisi bulan- ada garis tanggal awal-awal bulan 1439 Hijriyah dengan menggunakan aplikasi Accurate Hijri Calculator (AHC) yang dikembangkan Abdul Rouf dari alumni Fisika Universitas Brawijawa.

Baca juga :   Soal Panglima TNI, Komnas HAM Minta Presiden Panggil Dubes AS

Kriteria yang digunakan adalah kriteria tinggi bulan dua derajat yang biasa digunakan Kementerian Agama RI dan Kriteria Hisab-Rukyat Indonesia.

Sebelumnya, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan awal puasa atau 1 Ramadhan 1439 Hijriyah/2018 Masehi jatuh pada Kamis 17 Mei 2018. Keputusan tersebut berdasarkan hasil hisab Hakiki Wujudul Hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

DANIEL AMRULLAH