Beranda Berita GNPF Ulama Umumkan Kepengurusan Baru

GNPF Ulama Umumkan Kepengurusan Baru

BERBAGI
Konferensi pers pengurus baru GNPF Ulama di Tebet, Jakarta Selatan, Senin (12/3). Foto: Istimewa

Jakarta, Ahad.co.id- Gerakan Nasional Penyelamat Fatwa Ulama (GNPF-Ulama) mengumumkan kepengurusan baru. Dalam kepengurusan itu, terpilih Ustaz Yusuf Muhammad Martak sebagai ketua umum, dan Ustaz Muhammad al Khaththath sebagai Sekretaris Jenderal.

“Posisi Ustaz Bachtiar Nasir di pembina, karena beliau bekas jadi ketua, otomatis harus naik setingkat. Jadi langsung di bawah Habib Rizieq,” kata Ketua GNPF-Ulama Ustaz Yusuf Martak, di Jakarta, Senin (12/3/2018).

Menurutnya, ada perubahan sistem kepemimpinan di GNPF-Ulama menjadi sitem kolektif kolegial. Sistem ini akan merangkul semua elemen organisasi.

“Jadi begini, kalau bentuknya berbeda seperti biasanya menjadi presidium agar lebih leluasa, sifatnya kolektif kolegial, jadi pengurus yang lain mempunyai suara dengan hak yang sama,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina GNPF-Ulama, Habib Rizieq Syihab, menegaskan perombakan struktur kepengurusan bukan indikasi adanya perpecahan internal.

Baca juga :   Bolehkah Salat di Atas Kendaraan Saat Mudik Lebaran?

“Ini juga bukan merupakan indikasi perpecahan, perselisihan yang terjadi di dalam GNPF. Tapi itu suatu yang sangat wajar terjadi dalam sebuah organisasi,” kata Habib dalam rekaman yang diperdengarkan.

Sebelumnya, kepengurusan dalam GNPF menganut sistem kepemimpinan sentralistik, kemudian berdasarkan hasil dari musyawarah antara para pendiri maupun pengurus GNPF menjadi kepemimpinan kolektif kolegial.

DANIEL AMRULLAH