Beranda Berita Yusril Ajak Umat Islam Berpartisipasi Aktif dalam Politik

Yusril Ajak Umat Islam Berpartisipasi Aktif dalam Politik

BERBAGI
Yusril Ihza Mahendra/Ist

Sorong, Ahad.co.id- Ketua Umum Parta Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra mengatakan, Islam mengajarkan kehidupan politik harus didasarkan keadilan, keseimbangan dan proporsionalitas.

“Tanpa menjaga dan mempertahankan hal itu, konflik dan perpecahan akan terjadi,” kata Yusril saat memberi ceramah pada sekitar 500 tokoh ormas, sesepuh dan aktivis Islam di Kota Sorong, Papua Barat, Sabtu (10/3).

Umat Islam, lanjutnya, perlu berpartisipasi aktif dalam politik dan mengisi berbagai jabatan politik strategis. “Agar kebijakan negara sejalan dengan nilai-nilai Islam yang rahmatan lil ‘alamin,” ujar Yusril.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Yusril kemajemukan bangsa merupakan keniscayaan yang harus diterima. Sepanjang sejarah, umat Islam terbiasa hidup berdampingan dengan umat beragama lain secara damai atas dasar menghormati dan saling menghargai dalam kebersamaan.

“Suatu hal yang sangat penting dalam kemajemukan itu ditegakkannya keadilan, keseimbangan dan proporsionalitas dalam semua aspek kehidupan. Misalnya dalam pengisian jabatan politik,” kata Yusril.

Baca juga :   Zakir Naik: Muslim Harus Kuasai Kitab Agama Lain

Umat Islam menurut Yusril, tidak cukup hanya sekadar menjadi penonton. Tapi harus terlibat aktif, sebab konstitusi di Indonesia tidak memberikan keistimewaan pada umat Islam, seperti di Malaysia.

Konstitusi Negeri Jiran itu secara tegas mengatur, Islam adalah agama resmi Malaysia.

“Karena itu, jangan ada lagi umat Islam acuh tak acuh kepada politik, atau juga tergadai akidah politiknya karena rayuan materi. Pada akhirnya hal-hal tersebut hanya membuat umat Islam yang mayoritas menjadi terpinggirkan oleh kekuasaan,” kata Yusril.

DAMAR AH