Beranda Berita PK Kasus Ahok Berpotensi Timbulkan Masalah Baru

PK Kasus Ahok Berpotensi Timbulkan Masalah Baru

BERBAGI
Foto: Tribunnews

Bogor, AHAD.CO.ID- Saksi pelapor kasus penistaan agama yang menjebloskan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ke penjara, Willyuddin Abdul Rasyid Dhani bersuara menanggapi sidang Peninjauan Kembali (PK) kasus tersebut. Dia menolak PK kasus Ahok karena menurutnya hal tersebut mencederai rasa keadilan.

“Jika (PK ini) didasari oleh manuver-manuver politik, maka dapat menciptakan kegaduhan yang lebih besar,” katanya di Bogor, Senin (26/2/2018).

Lebih lanjut dia menjelaskan, sebagai salah satu penggugat yang melaporkan Ahok, pihaknya meminta para Hakim Agung di Mahkamah Agung dapat bertindak profesional dan berlaku adil.

“Kami memohon jangan kasus hukum tersebut diintervensi, dicampur-aduk dan dibiaskan dengan manuver politik,” katanya.

Menurutnya putusan pengadilan terhadap Ahok yang hanya berdasarkan pasal 156 tentang Penodaan Agama dan memberikan hukuman penjara selama 2 tahun tersebut, sebenarnya belum memenuhi rasa keadilan dan sebanding dengan hukuman yang seharusnya diputuskan berdasarkan pasal 156.a juga.

Baca juga :   TGB Sebut Perjuangan Islam dan Kebangsaan Tak Terpisahkan

“Tapi secara psikologi kami harus berlapang dada, melihat dan berempati adanya situasi tekanan yang sangat luar biasa yang mungkin diterima oleh para majelis hakim yang mengadilinya pada saat itu,” jelasnya.

Namun, tambahnya, pihaknya tidak bisa terima jika putusan hakim yang yang cukup ringan tersebut, kemudian dibatalkan oleh Mahkamah Agung karena gugatan PK.

“Semoga tidak ada keputusan yang menimbulkan masalah baru seperti gejolak huru-hara yang dapat memporak-porandakan tatanan hukum dan sosial, sehingga bangsa ini semakin terpuruk dalam kehinaan,” tegasnya.

DUDY S.TAKDIR