Beranda Berita Bersama Lembaga Dakwah dan Kemanusiaan, Forjim Keliling Nusantara

Bersama Lembaga Dakwah dan Kemanusiaan, Forjim Keliling Nusantara

BERBAGI

Jakarta, AHAD.CO.ID – Dalam sepekan ini, empat anggota Forum Jurnalis Muslim (Forjim) secara terpisah melakukan perjalanan jurnalistik mendampingi lembaga sosial dan dakwah ke sejumlah daerah sebagai bentuk sinergi yang selama ini telah terjalin erat.

Keempat anggota Forjim tersebut yaitu: Setyohadi Wiratmoko (Forjim TV) mendapat kepercayaan untuk mendokumentasi kegiatan sosial Lazis Dewan Dakwah dalam rangka memberi bantuan sosial ke Pulau Mentawai, Sumatera Barat. Hadi, begitu ia akrab disapa, bertolak ke Padang sejak Senin (30/1) lalu.

Anggota Forjim kedua, Ibnu Syafaat (Voa-Islam) yang diamanahi untuk mendampingi kegiatan dakwah Persaudaraan Muslim Indonesia (Parmusi) ke Nusa Tenggara Timur (NTT) . Saat ini Kang Ibnu, demikian ia disapa, sedang berada di Pulau Rote.

Selanjutnya, anggota Forjim yang ketiga, Ahmad Zuhdi (Warta Pilihan) mendapat kesempatan untuk meliput keberangkatan Kapal Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) dalam rangka memberi bantuan 100 ton beras ke Kabupaten Asmat, Papua.

Adapun, Ilham (Chanel Muslim) mewakili Forjim untuk meliput kegiatan Safari Dakwah Tuan Guru Bajang (TGB) M. Zainul Majdi ke Cirebon (2-3 Februari 2018). Dalam laporannya, TGB melakukan kunjungan ke Ponpes Buntet di Cirebon hingga berziarah ke Makam Sunan Gunung Jati.

Ketua Umum Forjim, Dudy Sya’bani Takdir mengatakan, Forjim sebagai perkumpulan jurnalis muslim senantiasa melakukan sinergi dakwah dengan berbagai pihak.

Baca juga :   Jakarta Islamic School Berikan Penghargaan untuk Siswa dan Alumni Berprestasi

Sesuai misinya, Forjim menjalin silaturahim, membangun networking dan kerja sama dengan segala elemen dalam rangka ukhuwah Islamiyah yang dilandasi persahabatan dan persaudaraan.

“Selama beberapa hari, empat anggota Forjim secara terpisah melakukan perjalanan jurnalistik dan dakwah ke Pulau Mentawai, Kabupaten Belu dilanjutkan ke Kabupaten Rote Ndao – Nusa Tenggara Timur. Kemudian ke Kabupaten Asmat – Papua, dan Cirebon. Semoga sinergi dakwah ini tetap terjalin di masa yang akan datang,” ujar Dudy.

Hal senada juga diungkapkan Direktur Forjim Solidarity, Adhes Satria, menurutnya Forjim bukan hanya wadah jurnalis muslim di bidang jurnalistik, tapi juga memiliki kepedulian dan solidaritas untuk mendukung setiap aksi sosial dan kemanusiaan yang dilakukan oleh setiap lembaga di mana pun berada.

“Sesuai misi Forjim Solidarity, yang memiliki motto ‘Hidup Penuh Manfaat’ ini turut serta berpartisipasi untuk menggalang solidaritas, membangun kepedulian, menolong sesama, mencerahkan dan memberdayakan umat,” tandas Adhes.

DANIEL AMRULLAH