Beranda Ekonomi ACT Layarkan Kapal Kemanusiaan Bantu Atasi Gizi Buruk di Asmat

ACT Layarkan Kapal Kemanusiaan Bantu Atasi Gizi Buruk di Asmat

BERBAGI
Pelepasan kapal kemanusiaan Papua untuk atasi KLB gizi buruk di Asmat (Foto: AHAD.CO.ID/Beny)

Merauke, AHAD.CO.ID- Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) melepas kapal kemanusiaan untuk mengatasi Kejadian Luar Biasa (KLB) gizi buruk di Kabupaten Asmat.

Dengan kapal kayu berkapasitas 120 ton, ACT melayarkan 100 ton beras serta bahan pangan lain dan obat-obatan untuk penderita gizi buruk di Asmat dari pelabuhan Kayu Pintu Air, Merauke.

“Papua ini penghasil beras nomor dua di Indonesia tapi mengapa gizi buruk masih terjadi? ACT sedih terjadi hal seperti ini. Kita harus serius membangun Papua,” kata Presiden ACT, Ahyudin dalam pelepasan kapal kemanusiaan, Sabtu (3/2/2018).

Lebih lanjut dia menjelaskan, ACT telah mengirimkan tim medis sejak tiga pekan lalu ke Asmat.

“Ini merupakan bentuk simpati masyarakat Indonesia melalui ACT. Kami ingin sekali bantuan ini cepat sampai ke Asmat, cukup sekali ini papua mengalami KLB seperti ini,” kata Ahyudin.

Baca juga :   Vonis Dua Tahun Penjara untuk Ustaz Alfian Tanjung

Dalam kesempatan yang sama, kepala Bulog Merauke ,Yudi Wijaya mengucapkan terima kasih kepada ACT atas kerja sama yang terjalin.

“Dalam perbincangan dengan Presiden ACT, Pak Ahyudin tidak menyangka bahwa Merauke adalah produsen beras. Target pemerintah, Merauke menduduki peringkat dua nasional sebagai penghasil beras,” katanya.

Yudi juga menjelaskan, Papua khususnya Merauke sudah melaksanakan full mekanisasi dalam pengolahan sawah. Sehingga target menjadi daerah penghasil beras nomor dua di Indonesia dapat terpenuhi.

BENY APRIUS | DUDY S.TAKDIR