Beranda Berita Akun Facebook Jonru Tak Bisa Dibuka, Pengacara Tolak Bukti Screenshot

Akun Facebook Jonru Tak Bisa Dibuka, Pengacara Tolak Bukti Screenshot

BERBAGI
Ist

Jakarta, AHAD.CO.ID- Dalam sidang perkara Jon Ru Ginting yang digelar Kamis, (1/2) Penasehat Hukum Jonru meminta ahli dugital forensik dari Polri untuk membuka barang bukti facebook milik terdakwa, namun ahli menyatakan tidak bisa membukanya.

“Kami menolak semua alat bukti berupa screen shoot atau foto yang selama ini digunakan oleh JPU,” kata penasehat hukum Jonru, Abdullah Al Katiri.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pihaknya memberi perbandingan dengan kasus pembunuhan. “Apakah diperbolehkan jika kasus pembunuhan yang menggunakan sebilah pisau tapi foto pisaunya yang digunakan untuk bukti di persidangan bukan fisik dari pisau tersebut?,” jelas Al Katiri.

Sedangkan lanjutnya, saksi yang lain DR.Efendi Saragih, SH,MH yang dihadirkan sebagai ahli hukum pidana kredebilitasnya juga diragukan.

“Selain tanpa diberi surat tugas oleh lembaga yang mengirimnya, desertasi Doktor yang bersangkutan adalah di bidang perdata dan kami selaku PH menolak dan mengajukan keberatan,” jelasnya.

Baca juga :   Teriak “Aku Cah PDI”, Pelaku Rusak Masjid Quwwatul Islam Yogyakarta

Namun setelah perdebatan yang alot dengan Majelis Hakim dan JPU, keberatan PH akhirnya hanya dicatat.

Al Katiri juga mengungkapkan, sejak minggu lalu salah satu saksi fakta yang bernama Guntur Romli beberapa kali kesaksiaannya tidak benar.

“Kesaksian Guntur Romli dikatakan bohong oleh terdakwa. Untuk dicrosscheck oleh ahli dan saksi-saksi yang lain, maka Hakim menetapkan yang bersangkutan untuk hadir di setiap persidangan dan harus mengikuti keseluruhan proses persidangan sampai selesai,” ungkapnya.

AINUL YAQIN | DUDY S.TAKDIR