Beranda Berita Gelar Peringatan Maulid, DRP Ajak Umat Teladani Sifat Penyayang Rasulullah

Gelar Peringatan Maulid, DRP Ajak Umat Teladani Sifat Penyayang Rasulullah

BERBAGI
(Foto: Dudy S. Takdir/AHAD.CO.ID)

Jakarta, AHAD.CO.ID- Yayasan Daarul Rizqi Pratama (DRP) menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di kediaman Dewan Pembina DRP Hj. Ermi Yusfa Thamrin, Kamis (25/1) di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan. Wakil Sekretaris Jenderal MUI, KH Tengku Zulkarnain didaulat sebagai penceramah.

“Alhamdulillah banyak alim ulama juga yang hadir, kami sengaja mengundang alim ulama serta jamaah pengajian agar kita bisa sama-sama mendengarkan kalam hikmah tentang kehidupan Rasulullah,” kata Hj Ermi Yusfa.

Dalam peringatan maulid yang dihadiri puluhan jamaah itu, nampak ketua umum FPI KH. Shobri Lubis, Ustadz Fadlan Garamatan, Syaikh Muhammad Al Misry serta ulama lainnya.

“Kami ingin mengajak semua jamaah agar meneladani sifat kasih sayang Rasulullah. Agar kita semakin semangat beramal dan semakin bermanfaat untuk sesama,” ujar Hj Ermi.

Dalam kesempatan yang sama, ketua Yayasan DRP, KH. Muhammad Abdusyukur Yusuf mengungkapkan, awalnya DRP berdiri sebagai wujud syukur karena Allah telah mengirimkan harta kepada Hj Ermi.

“Masya Allah, kami menjadi saksi bahwa harta itu sedikit yang digunakan untuk kebutuhan keluarga, lebih banyak digunakan untuk kepentingan umat. Dari situ kami serius menggarap yayasan agar dapat bersinergi dengan Lembaga lain untuk membantu umat,” jelas Ustaz Syukur.

Ada tiga bidang utama di DRP, yakni Pendidikan dan Dakwah, Sosial Kemanusiaan, dan Ekonomi Umat. Lewat ketiga bidang itu DRP mengokohkan perannya sebagai salah satu Lembaga yang fokus dalam pemberdayaan umat.

“Karena bagaimanapun pilar dari kebangkitan umat itu ada di Pendidikan, kita membangun generasi umat yang shaleh, cerdas, bermanfaat untuk negeri dan siap mandiri,” kata Ustaz Syukur.

Lebih lanjut dia menjelaskan, bidang Sosial Kemanusiaan telah menjalankan berbagai program antara lain menyalurkan bantuan untuk pengungsi Rohingya.

“Alhamdulillah kami dapat terjun langsung ke Rakhine dan Cox’s Bazar di Bangladesh, kami merasakan betul penderitaan saudara-saudara di sana,” kata Hj. Ermi menambahkan.

Di dalam negeri DRP juga telah berkiprah di berbagai daerah, seperti Aceh, Bengkulu, Kupang, NTT, Lombok, Bima, Jawa Barat, Banten dan sebagainya.

Baca juga :   Imam Shamsi Ali: Syaikh Yusuf Estes adalah Pejuang Dakwah

“Karena kami merasa semua adalah saudara, semua keluarga, jadi lewat bantuan yang kami berikan terutama di bidang pendidikan dan pemberdayaan ekonomi, harapannya nanti muncul generasi mandiri yang pada gilirannya akan dapat membantu orang lain juga,” jelas Hj. Ermi

Sedekah Makanan Berkah di Hari Jumat

Sebagai bentuk kepedulian DRP terhadap kaum dhuafa di sekitar kantor yayasan Darul Rizki Pratama Jalan Lebak Bulus Raya No. 33 Jakarta Selatan, DRP juga menggelar sedekah makanan gratis untuk kaum dhuafa setiap hari Jumat.

“Karena selain hari Jumat merupakan hari yang berkah, kami juga melihat banyak masyarakat dhuafa yang tidak makan siang karena uangnya untuk keluarga di rumah, lewat sedekah makanan ini kami ingin mengajak muhsinin peduli kepada mereka,” jelas Hj. Ermi.

Menurut salah satu asatidz DRP, Ustaz Hendy Irawan Saleh, program yang telah berjalan selama lima pekan ini mendapatkan banyak respon positif, karena itu DRP berencana mengembangkan tidak hanya di sekitar kantor yayasan saja.

“Insya Allah bulan depan akan ada sedekah makan mobile, konsepnya mirip dengan food truck tapi ini gratis. Kami akan datangi daerah yang sekiranya banyak kaum dhuafa dan membuka mobil makanan gratis untuk mereka,” kata Ustaz Hendy.

Dia menegaskan, ada tujuan lain yang ingin disasar dari program sedekah makanan ini, yakni program dakwah dan pembinaan.

“Nanti pelan-pelan mereka akan dibina keimanannya, dibina pengetahuan keislamannya. Jadi ini merupakan bagian dari strategi dakwah juga,” pungkas Ustaz Hendy.

DUDY S.TAKDIR