Beranda Berita Muslim di India Terus Jadi Korban Kelompok Ultra-nasionalis Hindu

Muslim di India Terus Jadi Korban Kelompok Ultra-nasionalis Hindu

BERBAGI
Kelompok ultra-nasionalis Hindu yang tergabung dalam partai BJP (Foto: India Express)

New York, AHAD.CO.ID- Lembaga pemantau hak asasi manusia, Human Rights Watch (HRW) mengungkapkan partai yang berkuasa di India telah secara terbuka mempromosikan supremasi Hindu, yang menyebabkan serangan terhadap Muslim dan minoritas lainnya.

“Pemerintah gagal mencegah dan menyelidiki serangan tersebut, sementara itu banyak pemimpin BJP senior mempromosikan supremasi dan ultra-nasionalisme Hindu, yang mendorong kekerasan lebih lanjut,” kata HRW dalam pernyataan persnya, Kamis (18/1).

Partai Bharatiya Janata (BJP) adalah partai sayap kanan India, yang dipimpin oleh Perdana Menteri Narendra Modi

“Pemerintah India telah membuktikan mereka tidak bersedia melindungi komunitas agama minoritas dan kelompok rentan lainnya dari serangan yang sering terjadi,” kata direktur HRW Asia Selatan, Meenakshi Ganguly.

“Perlu ada upaya serius untuk mencegah serangan di masa depan dan untuk mengadili semua pihak yang bertanggung jawab atas kekerasan tersebut,” tambahnya.

Baca juga :   Ini Alasan Anies Tarik Raperda Reklamasi

HRW mengatakan, setidaknya ada 38 serangan terhadap umat Islam dan komunitas minoritas lainnya pada tahun 2017 terkait penyembelihan sapi. Dalam serangan tersebut, sedikitnya 10 orang terbunuh.

“Alih-alih menghukum penyerang, petugas polisi justru menyalahkan para korban,” kata kelompok hak asasi manusia tersebut.

Mayoritas Hindu India menganggap sapi itu suci, dan menyembelih hewan tersebut dilarang di beberapa negara bagian.

Sejak BJP berkuasa pada tahun 2014, kekerasan massal dan penghinaan terhadap Muslim meningkat tajam di India.

AL JAZEERA | DUDY S.TAKDIR