Beranda Ekonomi Beasiswa Anak Juara Topang Keberlangsungan Pendidikan Dhuafa

Beasiswa Anak Juara Topang Keberlangsungan Pendidikan Dhuafa

BERBAGI

Solo, AHAD.CO.ID– Salah satu pemberdayaan yang dilakukan Rumah Zakat di Desa Berdaya Mojosongo adalah melalui pendidikan. Anak–anak binaan di wilayah Mojosongo diberikan beasiswa dan pembinaan reguler. Beasiswa tersebut berupa uang untuk kebutuhan pendidikan dan uang transportasi.

Di wilayah Desa Berdaya Mojosongo, terdapat delapan anak penerima manfaat program pendidikan. Mayoritas dari penerima beasiswa tersebut berasal dari keluarga ekonomi menengah bawah. Orang tua mereka lebih fokus memenuhi kebutuhan sehari-harinya daripada pendidikan agama.

“Di sekolah, pelajaran agama tidak terlalu fokus membahas tentang diniyah-nya. Nah, di sini kita mencoba ingin memberikan pengetahuan tersebut melalui pembinaan yang rutin dilakukan,” ujar Lisana Widi Susanti, Fasilitator Desa Berdaya Mojosongo, Senin (15/1).

Selain di Mojosongo, terdapat sekitar 200 penerima manfaat Beasiswa Anak Juara lainnya di Kota Solo, mulai dari tingkat SD sampai mahasiswa. Sebanyak 30% dari penerima beasiswa tersebut merupakan yatim. Salah satu anak juara yang dibina oleh Rumah Zakat sejak duduk di bangku SD hingga saat ini sudah berada di bangku SMA adalah Hanifan Fiddin.

Baca juga :   Ekonomi Syariah, Jalan Terbaik Era Baru Ekonomi Indonesia

Meski kondisi keluarganya sangat sederhana, anak pertama dari empat bersaudara ini tidak pernah merasa kekurangan. Siswa yang duduk di kelas 11 SMAN 4 Surakarta ini membuktikan bahwa dengan keinginan dan tekad yang kuat, siapapun bisa meraih segudang prestasi. Sampai saat ini, siswa yang akrab disapa Hanif ini sudah meraih tujuh medali emas, dua medali perak, dan tiga medali perunggu.

“Ayahnya hanya seorang penjual mainan keliling, kalau ibunya di rumah mengurus adik-adiknya Hanifan. Menurut Ibunya, Hanifan itu anak yang patuh, enggak bandel dan sangat dekat dengan adik- adiknya. Hanifan juga termasuk anak asuh yang rajin mengikuti pembinaan setiap dua pekan sekali,” ujarnya.

DANIEL AMRULLAH