Beranda Berita MUI: Tidak Ada Agenda Politik dalam Aksi Bela Palestina 1712

MUI: Tidak Ada Agenda Politik dalam Aksi Bela Palestina 1712

BERBAGI
Konferensi Pers Aksi Bela Palestina 1712/Ist

Jakarta, AHAD.CO.ID- Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin menegaskan, tidak ada agenda politik dalam aksi Bela Palestina besok, Ahad (17/12). Hal tersebut diungkapkan Kiai Ma’ruf dalam konferensi pers bersama di AQL center, Tebet, Sabtu (16/12).

“Yang perlu kami tegaskan di sini. Dalam aksi ini tidak ada kepentingan politik. Tidak ada kepentingan lain kecuali membela kemanusiaan dan keadilan,” katanya.

Dia menjelaskan, aksi besok adalah gerakan kesatuan umat. Islam bersatu bela Palestina. Indonesia bersatu bela Palestina. “Kita mengajak juga kelompok lain. Kelompok, Agama, dan sebagainya untuk bersama-sama menyampaikan aspirasi,” ujarnya.

Lebih lanjut Kiai Ma’ruf menjelaskan, pembelaan kepada Palestina merupakan tanggung jawab dan kewajiban semua. “Kita harus membela Palestina yang tertindas dan terzalimi. Berbagai cara kita lakukan. Salah satunya adalah aksi,” imbuhnya.

Aksi, kata dia merupakan upaya besar untuk meneruskan amanah UUD 1945. Bahwa penjajahan di atas bumi ini harus dihapuskan. Salah satu negara yang belum merdeka dan berdaulat itu adalah Palestina.

“Juga ada petisi yang akan kita sampaikan kepada duta besar Amerika. Dan juga kepada PBB. Agar jangan melempem menghadapi masalah Palestina. Kita juga akan menyampaikan aspirasi kepada pemimpin Indoneaia,” jelas Kiai Ma’ruf.

Baca juga :   Respon Kondisi Saudi Terkini, Dubes Osama Gelar Pertemuan di Jakarta

Agenda utama aksi yakni mendukung negara Palestina itu di Yerusalem. Di berbagai belahan dunia lain, mendengar dunia bersatu. Uni Eropa, China dan sebagainya. Semua sudah mendukung Palestina.

“Dan kita akan menyerukan kepada dunia, mari kita bela palestina,” tegasnya.

Selain itu, momentum aksi akan digunakan juga untuk memanjatkan doa atas berbagai musibah yang terjadi di negeri ini. Di Tasikmalaya, juga di berbagai daerah di Jawa.

“Mudah-mudahan tidak ada tsunami. Kita berdo’a kepada Allah SWT. Kita juga akan mendo’akan umat Islam yang terus berjuang dimana-mana. Di Palestina. Di Yaman. Di Suriah. Di Myanmar. Kita berdo’a bersama-sama besok,” katanya.

Turut hadir dalam konferensi Pers KH. Zaitun Rasmin (Wasekejen MUI), KH. Bahtiar Nasir (Ketua Umum GNPF MUI), KH. Sobri Lubis (Ketua Umum FPI) dan Ustadz Erick Yusuf (Media Center Aksi Bela Palestina).

FADLI ALIEF | DUDY S.TAKDIR