Beranda Headline Krisis Jerusalem: “Diplomasi Jadwal” Menlu Retno Marsudi

Krisis Jerusalem: “Diplomasi Jadwal” Menlu Retno Marsudi

BERBAGI

Oleh Asyari Usman

AHAD.CO.ID- Mohon maaf Bu Retno Marsudi. Sebetulnya, tidak enak mengatakan ini kepada Anda. Tetapi, lama-lama tak sabar juga melihat “the way you handle this Jerusalem crisis”. Tak sabar melihat cara Anda menangani krisis Jerusalem. Sejak langkah kasar yang dilakukan oleh Presiden Donald Trump terhadap Kota Suci Jerusalem, yang saya lihat Anda cuma menjelaskan jadwal perjalanan Anda ke berbagai negara.

Bu Retno, Anda itu menteri luar negeri. Anda adalah wajah Indonesia di pentas internasional. Dan, harap diingat, Anda mewakili negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Negara-negara muslim lainnya sedang menujukan pandangan mereka ke sini. Mereka ingin melihat bagaimana cara Anda menghadapi presiden Amerika Serikat (AS) yang paling berbahaya dalam sejarah negara adidaya itu.

Baca juga :   Saudi Kini Izinkan Perempuan Jadi Notaris

Dunia muslim ingin memberikan “leading role” (peranan utama) kepada Indonesia. Sejauh ini, Menlu Rento sibuk menjelaskan jadwal pertemuannya dengan menlu itu, menlu ini, atau dengan kepala pemerintahan negara lain. Yang beliau sibukkan adalah menjelas,”Saya akan terbang ke sana, terus ke sana, kemudian ke sana.” Itulah yang dikatakan Menlu setiap kali muncul di layar televisi.

Padahal, bukan jadwal pertemuan Menlu Retno yang ingin diketahui oleh rakyat Indonesia. Orang menantikan bagaimana cara Menlu menghadapi permainan kasar Donald Trump ketika dia, dengan bahasa yang provokatif, mengakui Jerusalem sebagai ibukota Israel.