Beranda Berita Transjakarta Siap Tambah Musala di Beberapa Halte

Transjakarta Siap Tambah Musala di Beberapa Halte

BERBAGI
Dokumentasi PT Trans Jakarta

Jakarta, AHAD.CO.ID- Transjakarta akan menambah fasilitas mushala di halte bus bagi umat Islam yang mengandalkan moda transportasi tersebut.

Kepala Humas Trans Jakarta, Wibowo mengatakan penambahan fasilitas tersebut agar warga Ibu Kota Jakarta tidak perlu khawatir untuk bisa melaksanakan shalat tepat waktu.

“Tempat ini memfasilitasi masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah,” ujarnya di Jakarta, Kamis (7/12).

Menurutnya, saat ini terdapat dua halte Transjakarta yang memiliki fasilitas mushala, yakni halte Trans Jakarta Karet dan Glodok. “Fasilitas mushala ini dilengkapi juga dengan seperangkat alat shalat,” ucapnya.

Ke depan, pihak Trans Jakarta akan menambah fasilitas tersebut mengingat hal itu merupakan instruksi langsung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. “Untuk halte Transjakarta yang akan dilengkapi mushala sedang dipersiapkan oleh tim kami,” katanya.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono mengatakan, keberadaan mushala ini sesuai arahan dari Gubernur Anies Baswedan.

“Intinya kalau arahan dari gubernur yang penting kita menyiapkan tempat. Sehingga saat ada orang ingin melaksanakan ibadah dia punya alternatif, sudah punya jalan keluar untuk menjalankan shalat,” kata Budi di Balai Kota, Rabu (6/12).

Baca juga :   Gelar Rapat Pleno ke-21, MUI Bahas Hilangnya Budaya Islam di Daerah

Secara kapasitas, Budi mengatakan, mushala yang ada di halte tidak bisa menampung dalam jumlah banyak secara bersamaan. Banyaknya pengguna bus Transjakarta menjadikan mushala harus digunakan bergantian. Karena itu, kata dia, tidak semua halte akan diadakan mushala.

“Konsepnya memang nggak semua ada di halte tapi menyiapkan tempat shalat terdekat,” ujar dia.

Budi menyebut, pihaknya akan menggandeng perusahaan-perusahaan di sekitar halte yang memiliki mobilitas pengguna cukup tinggi. “Tunggu, kita bertahap jalannya. Ada beberapa tempat yang mesti kita siapkan. Ada beberapa halte yang dekat sekali dengan masjid,” katanya.

ROL | DANIEL AMRULLAH