Beranda Berita NU Minta Pemerintah Lebih Tegas Kepada Myanmar Soal Rohingya

NU Minta Pemerintah Lebih Tegas Kepada Myanmar Soal Rohingya

BERBAGI
Foto: BBC

Jakarta, AHAD.CO.ID- Nahdlatul Ulama (NU) merekomendasikan pemerintah Indonesia perlu mengambil sikap lebih tegas kepada pemerintah Myanmar atas perlakuannya yang tidak patut kepada etnis Rohingya.

Bukan hanya kepada etnis Rohingya, tetapi juga menurut NU kepada suku-suku minoritas lain yang tertindas di Myanmar.

“Indonesia perlu memanfaatkan posisinya untuk menekan negara-negara anggota ASEAN agar lebih bersikap tegas terhadap semua aksi kekerasan dan pemusnahan etnis tersebut,” salah satu bunyi rekomendasi Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi Besar NU di Nusa Tenggara Barat (NTB), 23-25 November 2017.

Selain itu, NU merekomendasikan Indonesia perlu memelopori agar ASEAN mengambil inisiatif mendesak PBB dan negara-negara demokrasi internasional memberikan sanksi lebih berat kepada Myanmar.

“Dan menghentikan aksi semua kekerasan, penindasan, dan penghapusan etnis Rohingya,” imbuhnya.

Selain terkait Rohingya, rekomendasi Munas Alim Ulama dan Konbes NU 2017 juga terkait Arab Saudi.

Baca juga :   CSIL Akan Gelar Musyawarah Akbar Umat Islam 8 Mei Mendatang

NU merekomendasikan pemerintah Indonesia perlu mencermati dinamika perubahan politik yang sedang terjadi di Arab Saudi dan mendorong agar dinamika ini mengarah kepada moderatisme Islam sebagaimana yang sebutnya telah menjadi arus besar Islam di Indonesia.

“Nahdlatul Ulama menyambut baik keinginan Arab Saudi yang ingin kembali ke Islam moderat dan mengajak pemerintah Arab Saudi bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia menciptakan dialog yang sehat dan terbuka untuk perdamaian Timur Tengah dan dunia,” salah satu poinnya.

HIDCOM | DANIEL AMRULLAH