Beranda Gaya Hidup Masuk Musim Hujan, Begini Cara Lindungi Diri dari Petir

Masuk Musim Hujan, Begini Cara Lindungi Diri dari Petir

BERBAGI
Ilustrasi

Jakarta, AHAD.CO.ID- Petir adalah salah satu fenomena alam yang paling mengagumkan. Memasuki musim hujan, petir menjadi bagian yang tak terpisahkan darinya.

Di seluruh dunia terdapat sekitar dua ribu badai guntur dalam titik waktu yang acak. Ini berarti sama dengan seratus petir dalam setiap detiknya.

Sebuah kilatan petir menghantarkan muatan listrik berkekuatan sangat besar dan udara di sekitarnya bisa memanas hingga tiga puluh ribu derajat celcius! Dengan dayanya yang dahsyat itu, petir bisa membawa konsekuensi hingga kematian.

Dan petir tidak punya rumus, dimana dan kemana dia mau menyambar. Bila petir datang menyambar, lebih aman bila kita tinggal di dalam ruangan. Tetapi kadang kita tidak bisa mengelak dan mau tidak mau terjebak di luar. Adakah yang bisa kita lakukan bila hal itu terjadi?

Bagi yang sedang berada di dalam mobil, bisa cukup bernapas lega. Kerangka mobil mempunyai prinsip seperti sangkar Faraday, sehingga aliran listrik dari petir akan tersalurkan menelusuri badan kerangka mobil, yang kemudian dilepaskan ke dalam tanah.

Bagaimana jika kita sedang berada di sebuah tanah lapang yang benar-benar kosong? Bisakah kita melindungi diri? Ya! Segera katupkan kedua kaki serapat mungkin.

Kemudian ambil posisi berjongkok dan menunduk serendah mungkin ke arah tanah sembari meletakkan kedua telapak tangan di atas kepala.

“Cuaca memang pada faktanya mempunyai pengaruh yang sangat signifikan dalam kehidupan kita sehari-hari,” seperti dikatakan oleh A. Handayani, manager produk dari aplikasi Cuaca & Radar.

Baca juga :   Hijabers, Ini 5 Tips Aman Mengendari Motor Sendiri

“Bayangkan keuntungan yang bisa diraih dalam berbagai aspek, bila setiap dari kita selalu sigap dan tanggap akan kondisi cuaca,” katanya dalam keterangan yang diterima AHAD.CO.ID, Rabu (22/11).

Aplikasi Cuaca & Radar, yang tersedia secara gratis, menawarkan berbagai informasi penting tentang cuaca. Informasi-informasi tersebut akurat dan ditampilkan dalam bentuk sederhana yang mudah dimengerti.

Salah satu fungsi penting yang ada di dalam aplikasinya adalah RadarCuaca. Fungsi ini menampilkan keberadaan dan pergerakan dari awan, daerah yang dilanda hujan, petir dan suhu. Ini semua untuk waktu aktual, hari ini dan hingga tiga hari kedepan.

Dalam fungsi RadarCuaca ini, bulatan kuning melambangkan petir – semakin besar bulatannya, berarti semakin besar kekuatan petirnya. Warna biru melambangkan curah hujan.

“Banyak pengguna aplikasi ini menuliskan, bahkan cukup banyak juga yang menyampaikan terima kasih kepada saya, tentang manfaat yang mereka dapatkan dengan menggunakan aplikasi Cuaca & Radar,” kata Handayani.

AINUL YAQIN | DANIEL AMRULLAH