Beranda Berita KAMMI Diminta Kembali Gelorakan Semangat Sumpah Pemuda

KAMMI Diminta Kembali Gelorakan Semangat Sumpah Pemuda

BERBAGI
Ilustrasi

Jakarta, AHAD.CO.ID- Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) didorong menjadi garda terdepan untuk kembali menggaungkan semangat sumpah pemuda. Hal itu ditegaskan wakil ketua MPR, Hidayat Nur Wahid.

Menurutnya, sumpah pemudah merupakan peristiwa penting dalam sejarah Indonesia yang membuktikan komitmen tentang ke-Indonesiaan; satu nusa, bangsa, dan satu bahasa.

“Kalau tak digelorakan kembali akan banyak generasi muda yang lupa. Kita bersyukur memiliki satu bahasa Indonesia,” kata Hidayat saat menerima delegasi KAMMI di komplek parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (27/10).

Lebih lanjut dia mengungkapkan, dalam Kongres II Pemuda diikuti oleh berbagai organisasi kedaerahan dan keagamaan. Hidayat menyebut Jong Islamieten Bond (JIB). Kehadiran JIB, lanjutnya merupakan koreksi atas kesalahpahaman yang membelah antara nasionalisme dan Islam.

Hubungan antara Islam dan nasionalisme itu menurut HNW juga tercermin dalam KAMMI. “Kalian juga memakai nama Muslim dan Indonesia,” ujarnya.

Baca juga :   Masyarakat Gelar Unjuk Rasa Tuntut Penutupan Galian C Padang Pariaman

Mahasiswa harus menggunakan keunggulan yang dimiliki untuk memberikan solusi bagi negeri, yakni kemampuan intelektualisme dan berorganisasi. Mahasiswa masa kini diminta mencontoh para peserta Kongres II Pemuda.

“Mereka bisa menjadi inspirasi, karena itu generasi mudah harus menekuni bidangnya masing-masing, baik bidang agama maupun umum,” katanya.

FADLI ALIEF | DAMAR AH