Beranda Gaya Hidup Kominfo Ingatkan Pendaftaran Sim Card Tak Perlu Nama Ibu Kandung

Kominfo Ingatkan Pendaftaran Sim Card Tak Perlu Nama Ibu Kandung

BERBAGI
Ilustrasi

Jakarta, AHAD.CO.ID- Kementerian Komunikasi dan Informatika mengingatkan bahwa registrasi pelanggan jasa telekomunikasi tidak memerlukan data nama kandung.

Dengan mempertimbangkan perlindungan terhadap informasi yang bersifat pribadi dan dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, Kominfo, dalam keterangan tertulisnya juga mengimbau untuk melakukan registrasi sendiri atau melalui gerai resmi operator.

Di dalam proses registrasi, pelanggan dan/atau calon pelanggan Prabayar hanya perlu mengirimkan SMS ke 4444 dengan format tertentu yang berisi data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga yang sah.

“Dengan registrasi ini akan meningkatkan perlindungan data pribadi, sebagaimana telah diatur dalam peraturan terkait,” tulis Kominfo dalam keterangannya, Kamis (19/10).

Pelanggan jasa telekomunikasi dapat menghubungi call center masing-masing operator apabila dibutuhkan keterangan.

Sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika mewajibkan baik calon pelanggan kartu seluler (kartu perdana) maupun pelanggan lama kartu seluler untuk melakukan registrasi demi ketertiban dan validnya data pengguna.

Baca juga :   Hijabers, Ini 5 Tips Aman Mengendari Motor Sendiri

Dimulai 31 Oktober 2017 hingga 28 Februari 2018 dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP Elektronik dan Nomor Kartu Keluarga.

“Yang pasti 31 Oktober dimulai, tidak bisa tidak,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (11/10) seperti dikutip Antara.

Ia mengatakan registrasi kartu tersebut akan divalidasi dengan data kependudukan yang ada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

DANIEL AMRULLAH