Beranda Ekonomi Jika Tak Berbenah, Indonesia Akan Tertingal di Pasar Dunia Halal

Jika Tak Berbenah, Indonesia Akan Tertingal di Pasar Dunia Halal

BERBAGI
Kepala Badan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro/Ist

Jakarta, AHAD.CO.ID- Kepala Badan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, Indonesia dapat tertinggal jika tidak segera menggencarkan promosi halal ke dunia luar.

“Saya pikir saat ini belum telat, mumpung masih ada waktu,” katanya saat membuka konferensi yang bertajuk “The Second Indonesia International Halal Lifestyle Expo and Conference (INHALEC) di Jakarta, Kamis (18/10).

Dia mengingatkan, Indonesia jangan terlena dengan predikat negara muslim terbesar, karena pada tahun 2030 beberapa negara bisa menyalip posisi Indonesia.

“Ada beberapa negara yang bisa menyalip kita sebagai negara muslim terbesar, dan negara tersebut saat ini memiliki populasi Muslim yang cukup besar,” ungkapnya.

Kawasan Asia Selatan misalnya, menurut Bambang, Bangladesh dan Pakistan berpotensi menggantikan posisi Indonesia. Sementara dari kawasan Afrika, Nigeria yang memiliki peluang besar.

Baca juga :   Indonesia Harus Ikut Nikmati "Kue" Industri Halal Global

“Indonesia nanti akan berada di posisi kelima sebagai negara penduduk terbesar, saat ini kita masih di posisi empat,” kata dia.

INHALEC sendiri merupakan pameran internasional di sektor gaya hidup dengan fokus utama pada makanan, fashion, kosmetik, dan bisnis rekreasi maupun travel yang akan mendatangkan para pebisnis maupun artis yang tertarik dengan gaya hidup halal.

AINUL YAQIN | DANIEL AMRULLAH