Beranda Berita Bahas Perppu Ormas, DPR Undang Yusril Ihza Mahendra

Bahas Perppu Ormas, DPR Undang Yusril Ihza Mahendra

BERBAGI
Yusril Ihza Mahendra/Ist

Jakarta, AHAD.CO.ID- Untuk membahas Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas), Komisi II DPR, Rabu (18/10) mengundang tujuh akademisi untuk menghadiri rapat dengar pendapat umum (RDPU).

Beberapa akademisi yang diminta pedapatnya dalam RDPU adalah Yusril Ihza Mahendra, Azyumardi Azra, Irman Putra Sidin, Margarito Kamis, Refly Harun dan Fitra Arsil.

“Hari ini kami menjadwalkan mengundang tujuh orang, (antara lain) Prof Yusril Ihza Mahendra,” ujar Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali kepada awak media di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (18/10).

Lebih lanjut Amali menjelaskan, Komisi II DPR ingin meyakinkan masyarakat jika kelak Perppu Ormas disetujui maka keputusan para wakil rakyat sudah berdasar masukan berbagai pihak. Bahkan dia mengaku, Komisi II juga berkeliling ke Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat guna menyerap berbagai masukan tentang Perppu Ormas.

Baca juga :   Saudi Larang Jamaah Selfie di Depan Ka'bah dan Masjid Nabawi

“Perppu hanya punya dua pilihan, menerima atau menolak. Sebelum memutuskan itulah kami mengundang berbagai ormas, akademisi, yang dianggap bisa memerikan pikiran dan pendapatnya untuk perppu ini,” jelasnya.

Dengan meminta berbagai pendapat, menurut Amali Komisi II DPR dapat menyampaikan masukan tentang Perppu Ormas kepada masing-masing fraksi secara lengkap. Sehingga keputusan atas Perppu Ormas tidak dianggap semata-mata keinginan DPR atau fraksi-fraksi yang ada.

“Jadi kami semaksimal mungkin, dengan waktu yang ada akan kami gunakan untuk mendengarkan berbagai masukan. Itu tujuannya,” katanya.

FADLI ALIEF | DANIEL AMRULLAH