Beranda Ekonomi Rona Nusantara Rumah Zakat Berbagi Bahagia di Banyuwangi

Rona Nusantara Rumah Zakat Berbagi Bahagia di Banyuwangi

BERBAGI
Dokumentasi Rumah Zakat

Banyuwangi, AHAD.CO.ID- Sebanyak 30 pemuda dari berbagai daerah mengikuti program Rona Nusantara ke-6 yang diinisiasi Rumah Zakat di Dusun Kendal, Desa Sragi, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Rona Nusantara adalah program yang mengajak para pemuda Indonesia untuk berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan di desa-desa terpencil Indonesia, sekaligus menikmati keindahan alam.

Para peserta Rona Nusantara Rumah Zakat angkatan ke-6 bermain tubing sejauh 13 km di Sungai Badeng yang terletak di kaki Gunung Raung. Selain para peserta Rona Nusantara, anak-anak asuh binaan Rumah Zakat di Banyuwangi pun ikut serta dalam kegiatan tersebut.

“Kita sengaja mengajak adik asuh ke sini. Mereka hampir gak pernah wisata atau jalan-jalan karena kondisi ekonomi dan kehidupan mereka yang sulit. Setelah ini, mereka akan makan siang bersama dengan peserta Rona Nusantara, lalu berbelanja kebutuhan mereka di supermarket,” ungkap relawan Rumah Zakat, Andre, Senin (16/10).

Saat ini program Rona Nusantara Rumah Zakat sudah memasuki angkatan ke-6, berlokasi di Dusun Kendal yang merupakan daerah kaya akan sumber daya alam dengan lahan subur yang ditumbuhi beraneka ragam hasil bumi. Kesuburan tanahnya juga ditunjang oleh pengairan yang baik, karena langsung berasal dari mata air. Dibalik kesuburan tanah dan keindahan alamnya, banyak hal perlu dibenahi di Dusun ini, seperti budaya hidup bersih dan sehat yang masih kurang.

Baca juga :   Mobile Masjid Hadir di Pekan Raya Indonesia

Sebelum mengakhiri kegiatan Rona Nusantara, di hari terakhir rangkaian acara tersebut, para peserta berwisata ke wahana air X-Badeng Adventure bersama anak asuh Rumah Zakat. “Adik-adik asuh ini semangat sekali main tubing-nya, meski awalnya takut tapi pas di perjalanan, mereka sangat antusias,” kata Andre.

DUDY S TAKDIR