Beranda Ekonomi BPRS Artha Madani Fokus Layani Sektor UMKM

BPRS Artha Madani Fokus Layani Sektor UMKM

BERBAGI

Bandung, AHAD.CO.ID- Bank Syariah Artha Madani (BPRS Artha Madani) menjalin kerjasama dengan PT. Jamkrida Jabar dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis di sektor ritel di Jawa Barat.

Kerjasama ini melingkupi penjaminan kepada para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang mendapatkan pembiayaan dari Bank Syariah Artha Madani. Demikian keterangan tertulis yang diterima AHAD.CO.ID, Jumat (6/10).

Acara penandatangan kerjasama dilakukan oleh Direktur Utama Bank Syariah Artha Madani Cahyo Kartiko dan Direktur Utama Jamkrida Jabar Tri Budhi Muljawan. Kegiatan ini pula dihadiri Pipih Boedi Marjanto Direktur Operasional Bank Syariah Artha Madani, dan Para Pimpinan di lingkungan Jamkrida Jabar.

Cahyo Kartiko, Direktur Utama Bank Syariah Artha Madani mengatakan, kerjasama yang dilakukan ini bertujuan untuk mendorong peningkatan layanan perbankan syariah khususnya kepada para pelaku usaha pada segmen usaha mikro dan kecil.

“Nasabah UMKM menjadi prioritas untuk memperoleh manfaat penjaminan dari Jamkrida Jabar. Hal ini sesuai dengan model bisnis yang dikembangkan oleh Bank Syariah Artha Madani yakni menjadi BPRSyang memfokuskan diri untuk memberikan pelayanan terutama kepada nasabah individu dan sektor usaha kecil,” jelasnya.

Jamkrida Jabar sebagai badan usaha milik daerah (BUMD) Provinsi Jawa Barat merupakan mitra yang strategis bagi industri perbankan syariah khususnya BPRS karena fokus terhadap pengembangan UMKM.

“Kami akan memanfaatkan kerjasama ini untuk mendongkrak pertumbuhan bisnis UMKM yang menjadi pangsa pasar utama industri BPRS. Dengan kesepakatan kerjasama ini, kami harap penyaluran pembiayaan kami di sektor UMKM bisa tumbuh pesat, “ujar Cahyo.

Lebih lanjut, terang Cahyo, portofolio pembiayaan UMKM sejauh ini terus mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun dengan harapan pada akhir tahun 2020 portofolio pembiayaan kepada sektor UMKM dapat mencapai Rp. 300 milyar.

Baca juga :   Moch. Hadi Santoso Jabat Plt Ketua Umum ASBISINDO

Dan sinergi dengan rencana tersebut, tambah Cahyo, Alhamdulillah tahun ini Bank Syariah Artha Madani kembali memperoleh penghargaan dari Majalah Infobank berupa Infobank Award untuk yang ke-6 kalinya sebagai BPRS dengan predikat “Sangat Bagus”. Penghargaan yang kami terima ini menjadi pendorong bagi Bank Syariah Artha Madani untuk senantiasa menjaga dan meningkatkan kinerja usaha dalam posisi terbaik, tandasnya.

Pada Agustus 2017 aset Bank Syariah Artha Madani telah menembus angka Rp. 201 milyar atau tumbuh 21 % dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Pertumbuhan aset ini didorong oleh peningkatan dana pihak ketiga dalam bentuk tabungan dan deposito serta pembiayaan.

Produk yang dimiliki bank syariah Artha Madani meliputi Tabungan Arisan, Tabungan Madani, Deposito Syariah Madani (DSM) Ultima, Deposito Syariah Madani (DSM) Plus dan segera akan diluncurkan ke pasar Produk Tabungan Ihrom-iB yang ditujukan masyarakat yang berencana melaksanakan ibadah haji dan umroh.

Sedangkan produk pembiayaan meliputi pembiayaan modal usaha, pembiayaan investasi, pembiayaan pendidikan, pembiayaan kepemilikan kendaraan dan pembiayaan konsumtif.

DANIEL AMRULLAH