Beranda Berita Usamah Hisyam: Negara Tak Boleh Dipisahkan dari Ajaran Agama

Usamah Hisyam: Negara Tak Boleh Dipisahkan dari Ajaran Agama

BERBAGI
Ketua Umum Parmusi, Usamah Hisyam/pikiranumat.com

Jakarta, AHAD.CO.ID- Ketua umum Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) Drs. H. Usamah Hisyam menegaskan negara tidak boleh dipisahkan dari ajaran-ajaran agama. Menurutnya akan terjadi kekacauan jika negara dipisahkan dari ajaran agama.

“Dalam konteks Indonesia, Negara tidak boleh dipisahkan dari ajaran-ajaran Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin, rahmat bagi semua alam,” kata Usamah dalam acara Milad ke-18 Parmusi di TMII, Jakarta Timur, Selasa (26/9).

Ideologi yang menjadi dasar Negara, yakni Pancasila, bersumber dari pemikiran nilai-nilai religius yang dikembangkan oleh para ulama dengan menempatkan Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai ruh daripada sila-sila lainnya.

“Ketuhanan yang Maha Esa yang ditempatkan teratas sebagai sila pertama, sekaligus merupakan kalimat tauhid Illallah, menjadi ruh atau sumber segala sumber nilai yang menyemangati dan melandasi sila-sila berikutnya,” jelasnya.

Baca juga :   Begini Kata Erdogan Soal Anjloknya Mata Uang Turki

Lebih lanjut Usamah juga menyatakan, jika ada kelompok yang hendak menyudutkan umat Islam Indonesia seakan-akan intoleran, anti Pancasila, dan anti bhineka tunggal ika, itu adalah fitnah.

“Karena fakta sejarah menunjukkan: justru ummat Islam Indonesia yang mampu mewujudkan dan menjunjung tinggi toleransi kehidupan antar umat beragama, dan menghormati nilai-nilai yang terkandung dalam bhineka tunggal ika,” katanya.

DUDY S TAKDIR