Beranda Syiar Begini Program Berantas Buta Huruf Al Quran di Salatiga

Begini Program Berantas Buta Huruf Al Quran di Salatiga

BERBAGI

Salatiga, AHAD.CO.ID- Rumah Zakat meluncurkan Program Pemberantasan Buta Huruf Al-Quran di wilayah Desa Berdaya Kelurahan Dukuh, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga. Peluncuran program tersebut terselenggara atas kerjasama dengan Majelis Taklim Nurul Islam di Perumahan Griya Dukuh Asri Salatiga.

Dwi Pujiyanto, Relawan Inspirasi Rumah Zakat mengatakan bahwa di wilayah tersebut masih banyak ditemukan usia remaja dan dewasa yang belum bisa membaca Al-Quran. Maka dari itu, peserta program ini diperuntukkan bagi remaja dan dewasa yang akan dibina sampai bisa membaca Al-Quran.

“Masih banyak kaum muslim di wilayah Dukuh yang belum bisa membaca Al-Quran. Maka dari itu, Rumah Zakat menginisiasi program ini, alhamdulillah responnya bagus. Semoga dengan adanya program tersebut bisa memberantas buta huruf Al-Quran,” ujar Dwi Pujiyanto, Senin (18/9).

Ketika Rumah Zakat mensosialisasikan program belajar membaca Al-Quran di Desa Berdaya Dukuh, warga setempat sangat antusias. Mulai minggu ini, sudah terdapat tiga kelompok belajar, yaitu kelompok ibu-ibu, remaja putera dan remaja puteri.

Baca juga :   Jadikan Ramadan Sebagai Jembatan Hijrah

Sementara ini, pembelajaran membaca Al-Quran dilaksanakan seminggu sekali untuk kelompok ibu-ibu dan remaja putri. Sedangkan untuk kelompok remaja putra dilaksanakan setiap Jumat dan Sabtu. Metode yang digunakan yaitu metode pembelajaran membaca Al-Quran UMMI dewasa.

Dwi Pujiyanto menuturkan bahwa ibu-ibu yang mengikuti pembinaan tersebut, tidak merasa malu, justru mereka sangat bersemangat. Contohnya seperti ibu Elok, Janda yang memiliki 3 anak tersebut sangat antusias mengikuti kelas membaca Al-Quran, “Pertemuannya kapan lagi pak, kalau bisa jangan seminggu sekali biar cepat bisa.

DANIEL AMRULLAH