Beranda Berita Idul Adha di Berbagai Belahan Dunia

Idul Adha di Berbagai Belahan Dunia

BERBAGI
Perayaan Idul Adha di Naples, Italia Selatan/NYTimes.com

Jakarta, AHAD.CO.ID – Jutaan umat Islam di seluruh dunia merayakan Idul Adha, yang merupakan salah satu dari perayaan keagamaan umat Islam. Di beberapa negara, Idul Adha disebut sebagai perayaan yang paling dihormati.

Idul Adha di Pakistan/NYTimes.com

Muslim di Pakistan merayakan Idul Adha dengan keamanan yang ketat, sejak ekstrimis melakukan pemboman di seluruh negeri dalam beberapa tahun terakhir. Meski begitu, ribuan umat Islam memadati masjid dan tempat-tempat salat lainnya pada Sabtu, (2/9), untuk menunaikan salat Idul Adha dan menunaikan qurban.

“Kami di sini untuk melaksanakan salat Idul Adha,” kata seorang penduduk Karachi, Saleem Ahmed. “Pengaturan keamanannya sangat bagus. Semoga Allah mengabulkan doa kita.”

Salat Idul Adha di Rusia/NYTimes.com

Sementara di St. Petersburg, Idul Adha dirayakan pada hari Jum’at, (1/9). Ribuan umat Islam berkumpul di halaman sebuah masjid di Rusia, untuk menunaikan salat Idul Adha. Penduduk Rusia menyebut Idul Adha sebagai libur Qurban-Bairam.

Baca juga :   Jurnalis Muslim Harus Seperti Rijalul Hadits

Sedangkan, warga Kabul, Afghanistan, merayakan Idul Adha dalam kekhawatiran. Tahun ini, lebih dari 200 orang terbunuh akibat serangkaian serangan bunuh diri. Presiden Afghanistan, Ashraf Gani, telah meminta Taliban untuk menerima perdamaian, setelah mereka mengusir pasukan internasional yang mendukung Pemerintah Afghanistan.

Penduduk Afghanistan Merayakan Idul Adha/Reuters

“Saya menginginkan perdamaian dan keamanan. Kami menginginkan negara yang damai,” harap salah satu penduduk Afghanistan, Mohammad Dawood, pada Idul Adha tahun ini.

Perayaan Idul Adha di India/NYTimes.com

NEW YORK TIMES | FARA V SYAHRINI